News

Bisnis

Super Skor

Sport

Seleb

Lifestyle

Travel

Lifestyle

Tribunners

Video

Tribunners

Kilas Kementerian

Images

Pilgub DKI Jakarta

Pernah Maju Pilgub Jakarta Tetapi Kalah, AHY Titip Hal Ini ke Ridwan Kamil jika Terpilih

Penulis: Rizki Sandi Saputra
Editor: Muhammad Zulfikar
AA

Text Sizes

Medium

Large

Larger

Bakal calon gubernur dan calon wakil gubernur Jakarta, Ridwan Kamil-Suswono usai menerima surat rekomendasi maju di Pilkada Jakarta dari DPP Partai Demokrat, Selasa (27/8/2024).

Laporan Reporter Tribunnews.com, Rizki Sandi Saputra 

TRIBUNNEWS.COM, JAKARTA - Ketua Umum DPP Partai Demokrat Agus Harimurti Yudhoyono (AHY) menyatakan, terdapat beberapa cita-cita yang dirinya sampaikan kepada Ridwan Kamil-Suswono untuk membawa Jakarta menjadi lebih baik.

Hal itu disampaikan oleh AHY, saat dirinya menyerahkan surat rekomendasi dukungan Demokrat terhadap Ridwan Kamil-Suswono maju di Pilkada Jakarta 2024.

Baca juga: Demokrat Akhirnya Usung Ridwan Kamil-Suswono di Pilkada Jakarta 2024

Mulanya, AHY menyatakan kalau dirinya memiliki cita-cita besar untuk Jakarta, oleh karenanya pada 2017 sempat maju dalam kontestasi politik sebagai calon gubernur bersama Sylviana Murni.

"Semalam kami berdiksusi dan tentunya kita akan terus berdiskusi berkolaborasi untuk membangun Jakarta ke depan. saya punya cukup banyak cita-cita yang bisa dititipkan karena dulu 2016/2017 saya rasa baru kemarin, tapi ternyata sudah 7 atau 8 tahun yang lalu saya pernah berikhtiar di Pilkada Jakarta," kata AHY saat memberikan surat rekomendasi kepada Ridwan Kamil-Suswono, di Kantor DPP Partai Demokrat, Selasa (27/8/2024).

Adapun pesan AHY kepada Ridwan Kamil-Suswono adalah bagaimana caranya untuk membuat masyarakat Jakarta semakin sejahtera.

Tak hanya itu, AHY juga menyebut, sejatinya pemerintahan RK-Suswono jika terpilih nantinya cukup berat.

Baca juga: Alasan PPP Dukung Ridwan Kamil-Suswono di Pilgub Jakarta, RK Berharap Kader PPP Bantu Menangkan RIDO

Karena, Jakarta akan masuk pada kota transisi setelah sudah tidak lagi menjadi Ibu Kota Negara.

"Sekarang saatnya kang RK ingin mewujudkan Jakarta yg semakin maju, menjadi kota global, dan ekonomi serta masyarakatnya semakin sejahtera," kata dia.

Dalam kesempatan yang sama, Ridwan Kamil menyatakan kalau dirinya bersama Suswono akan mengimplementasikan apa yang menjadi cita-cita dari AHY itu.

Ridwan Kamil juga mengaku sudah berdiskusi dengan AHY sebelum akhirnya diusung secara resmi pada hari ini.

"Saya pastikan semua cita-cita yang pernah ada dalam pikiran, dalam harapan dari Pak Ketum dan jajaran Demokrat insya Allah kita terjemahkan," kata Ridwan Kamil.

Ridwan Kamil lantas membeberkan apa yang menjadi titipan AHY kepada dirinya dan Suswono.

Secara garis besar, AHY menginginkan terjadinya desentralisasi anggaran sampai ke tingkat RW di Jakarta.

"Mungkin takdirnya ada di kami yang diusung oleh Partai Demokrat maka saya akan implementasikan. Saya pemimpin yang terukur jadi nanti pasti saya laporkan tentang dulu Mas AHY punya gagasan desentralisasi anggaran ke RW RW, itu mungkin akan jadi andalan utama kami membuat Jakarta yang merata," kata dia.

Di luar dari gagasan itu, Ridwan Kamil menyebut kalau dirinya bersama Suswono juga akan menciptakan program Jakarta Harmonis.

Baca juga: PSI Resmi Serahkan Dokumen Dukungan untuk Ridwan Kamil-Suswono Maju Pilkada Jakarta

Program itu bisa dijalan oleh mantan Gubernur Jawa Barat itu jika memang kelak warga Jakarta memilihnya dalam Pilkada yang digelar 27 November 2024 mendatang.

"Kita ada program Jakarta Harmonis, Jakarta Religius, Jakarta Kota Global, yang intinya semua akan butuh kesejahteraan masyarakat," tutur Ridwan Kamil.

Dapatkan Berita Pilihan
di WhatsApp Anda

Berita Populer

Berita Terkini