News

Bisnis

Super Skor

Sport

Seleb

Lifestyle

Travel

Lifestyle

Tribunners

Video

Tribunners

Kilas Kementerian

Images

Pilgub DKI Jakarta

Ridwan Kamil dapat Keluhan dari Kaum Disabilitas: Perpanjang KJP hingga Fasilitas Lift

Penulis: Rizki Sandi Saputra
Editor: Hasanudin Aco
AA

Text Sizes

Medium

Large

Larger

Bakal calon Gubernur DKI Jakarta Ridwan Kamil bersama dengan teman penyandang disabilitas saat kegiatan Jejak Langkah Inklusi RIDO bersama Teman Disabilitas di Halte Transjakarta Tosari, Jakarta, Jumat (13/9/2024). Kegiatan tersebut untuk meninjau akses teman disabilitas di tempat umum sekaligus mendengarkan aspirasi teman disabilitas. TRIBUNNEWS/IRWAN RISMAWAN

Laporan Reporter Tribunnews.com, Rizki Sandi Saputra

TRIBUNNEWS.COM, JAKARTA - Bakal calon gubernur (cagub) Jakarta 2024 Ridwan Kamil (RK) mengaku mendapatkan keluhan dari kaum disabilitas terkait fasilitas yang disediakan oleh Pemerintah Provinsi Jakarta.

Adapun keluhan yang ditonjolkan yakni soal perpanjangan manfaat Kartu Jakarta Pintar (KJP) untuk masyarakat disabilitas.

"Ada juga yang berharap KJP dipertahankan. Saya sudah sampaikan bahwa hal hal baik di masa lalu yang dirasakan manfaat tentu akan saya lanjutkan, tetapi hal hal baru yang belum ada tentu akan dihadirkan sebagai gagasan baru," kata RK saat ditemui awak media di Kawasan MH Thamrin, Jakarta Pusat, Jumat (13/9/2024).


Selanjutnya, RK juga menyatakan para kaum disabilitas juga mengeluhkan soal penggunaan fasilitas umum yang dikhususkan untuk mereka.

Kata RK, banyak kaum disabilitas yang mengeluhkan banyaknya fasilitas lift yang justru digunakan oleh masyarakat umum.

"Kadang-kadang juga mengimbau lift yang untuk disabilitas jangan dipakai untuk umum, ya kadang-kadang empati itu juga harus dihadirkan lagi," kata RK.

Tak hanya itu, para kaum disabilitas juga curhat soal tersedianya petugas di setiap armada transportasi umum seperti di stasiun hingga halte Transjakarta.

Mereka kata RK, sejauh ini merasa kesulitan jika hendak masuk ke dalam sarana transportasi umum karena kurangnya bantuan dari petugas.

"Kemudian ada curhatan tentang transportasi hilangnya istilahnya mereka pramusapa, sehingga mereka kesulitan, ibu hamil, lansia disabilitas, gak ada yang nolong waktu interaksi menuju bisnya dari haltenya," tandas dia.

Seperti diketahui, Pilkada Jakarta diikuti tiga pasangan calon gubernur dan wakil gubernur.

Yakni  Pramono Anung-Rano Karno, Ridwan Kamil-Suswono dan Dharma Pongrekun-Kun Wardana.

 

Dapatkan Berita Pilihan
di WhatsApp Anda

Berita Populer

Berita Terkini