News

Bisnis

Super Skor

Sport

Seleb

Lifestyle

Travel

Lifestyle

Tribunners

Video

Tribunners

Kilas Kementerian

Images

Pilgub DKI Jakarta

Gestur Cagub-cawagub Jakarta saat Debat Tak Jadi Soal Buat KPU

Penulis: Mario Christian Sumampow
Editor: Theresia Felisiani
AA

Text Sizes

Medium

Large

Larger

Calon Gubernur Jakarta 2024, Pramono Anung (Kiri), RIdwan Kamil (Tengah) dan Dharma Pongrekun (Kanan). KPU tak permasalahkan gestur cagub-cawagub dalam debat perdana pada Minggu (6/10/2024) besok.

TRIBUNNEWS.COM, JAKARTA - Terkait gestur yang bakal ditampilkan oleh cagub-cawagub dalam debat perdana pada Minggu (6/10/2024) mendatang tak jadi soal bagi Komisi Pemilihan Umum (KPU) Jakarta.

“Misalnya ada gestur akan memakan durasi juga. Nah itu pertimbangan paslon saja. Kalau kita kan enggak bisa mengendalikan gestur, itu alamiah terjadi,” ujar Anggota KPU DKI Jakarta, Astri Megatari kepada wartawan, Jumat (4/10/2024). 

Ia mengingatkan gestur yang ditunjukkan saat debat tentu akan memangkas durasi waktu yang disediakan bagi cagub atau cawagub dalam merespons pertanyaan. 

Pasalnya, hanya tersedia waktu dua menit bagi cagub atau cawagub untuk memberikan jawaban dan satu menit untuk memberikan tanggapan. 

“Kalau kami, dorong agar substantif. Jadi paslon secara maksimal mengeluarkan gagasan dan visi misi,” pungkasnya. 

Sebelumnya, persoalan gestur dalam debat sempat jadi sorotan dalam debat keempat Pilpres 2024, Januari lalu.

Gibran Rakabuming Raka yang kala itu masih mencari cawapres nomor urut 2 sempat melontarkan gestur tidak perlu dan pertanyaan menjebak yang justru membuatnya tidak menonjol dalam debat tersebut.

Baca juga: Kapolda Metro Jaya Pastikan Pengamanan Komprehensif Debat Pertama Cagub dan Cawagub DKI Jakarta

Gibran menunjukkan gestur menunduk dan pura-pura mencari sesuatu yang hilang ketika menanggapi jawaban Mahfud MD, lawannya yang menjadi cawapres nomor urut 3.

Saat itu, Gibran tengah menanyakan soal greenflation kepada rivalnya. Menurut Gibran, jawaban Mahfud tidak sesuai dengan pertanyaannya.

Gestur yang ditunjukkan Gibran itu sempat membuat ketegangan saat debat berlangsung. Sebab Mahfud merespons dengan tidak mau menjawab pertanyaannya.

 

Dapatkan Berita Pilihan
di WhatsApp Anda

Berita Populer

Berita Terkini