News

Bisnis

Super Skor

Sport

Seleb

Lifestyle

Travel

Lifestyle

Tribunners

Video

Tribunners

Kilas Kementerian

Images

Kampung Akuarium Bakal Ditertibkan Lagi, Kasatpol PP: Diminta Turun Kapanpun Kami Siap

Penulis: Wahyu Aji
Editor: Malvyandie Haryadi
AA

Text Sizes

Medium

Large

Larger

Suasana di Kampung Akuarium pascapenggusuran tahun lalu

Laporan Wartawan Tribunnews.com, Wahyu Aji

TRIBUNNEWS.COM, JAKARTA – Gubernur DKI Jakarta Basuki Tjahaja Purnama menegaskan pihaknya akan kembali menertibkan Kampung Akuarium, Penjaringan, Jakarta Utara. Penertiban akan dilakukan waktu pekan ini.

"Itu kan kewenangan dari Walikota (Utara), mau didata dulu sesuai KTP-nya apa benar penduduk situ atau bukan," kata Kasatpol PP DKI Jakarta Jupan Royter saat dikonfirmasi wartawan, Rabu (3/5/2017).

Meski demikian, pihaknya mengaku siap kapan pun melakukan penertiban sesuai perintah.

"Nanti (penertiban) tunggu dari hasil pendataan walikota. Bisa pekan ini atau pekan depan. Belum, belum ada tanggalnya. Cuma kita Satpol PP kalau diminta turun kapanpun siap. Sekarang belum ditentukan tanggalnya," katanya.

Diberitakan sebelumnya, bangunan liar yang berdiri di Kawasan Pasar Ikan dan lingkungan Kampung Luar Batang kini semakin marak.

Keberadaan bangunan liar ini diketahui disengaja dibangun warga yang masih bertahan, lantaran tahu Gubernur DKI Jakarta, Basuki Tjahaja Purnama (Ahok) tidak lagi menjabat usai Oktober 2017 mendatang.

Bangunan liar milik penghuni Pasar Ikan dan Kampung Luar batang itu terlihat makin banyak jumlahnya.

Bangunan liar itu dibangun oleh wargaPasar Ikan beserta Kampung Luar Batang dan Kampung Akuarium, yang dahulu tempat tinggalnya dibongkar oleh Ahok.

Mayoritas warga yang mendukung pasangan calon (Paslon) Gubernur dan Wakil Gubernur DKI Jakarta bernomor urut tiga, Anies Rasyid Baswedan dan Sandiaga Salahuddin Uno atau Sandi Uno, merasa yakin Ahok tidak akan usik area Perevitalisasian Kawasan Wisata Bahari Sunda Kelapa tersebut.

Pasalnya, kemenangan yang diperoleh Paslon nomor urut tiga, akan mensejahterakan warga di Kampung Luar Batang, Kampung Akuarium, dan Pasar Ikan.

Bagi warga yang saat ini tetap bertahan tinggal di reruntuhan bangunan liar itu, bahkan menganggap Gubernur baru yakniAnies-Sandi, akan membangun wilayah yang kumuh tersebut kembali sedia kala.

"Kami yakin pak, dengan terpilihnya Pak Anies dan Pak Sandi, enggak mungkin hunian yang kami susah payah bangun kembali ini bakalan dirubuhin lagi kayak si Ahok," ungkap warga Kampung Akuarium, Adi (40).

"Kami makanya di sini percaya diri bangun tempat tinggal warga di sini yang bekas diobrak-abrik Ahok. Semua warga di sini tahu, Pak Anies-Sandi setuju lah, kalau kami membangun rumah kami lagi yang di sini," ujarnya saat membangun kediamannya dari kayu dan patahan triplek.

Dapatkan Berita Pilihan
di WhatsApp Anda

Berita Populer

Berita Terkini