News

Bisnis

Super Skor

Sport

Seleb

Lifestyle

Travel

Lifestyle

Tribunners

Video

Tribunners

Kilas Kementerian

Images

Meniru di Seoul, Kementerian PUPR Akan Revitalisasi Sungai Kalimalang

Penulis: Syahrizal Sidik
Editor: Choirul Arifin
AA

Text Sizes

Medium

Large

Larger

Menteri PUPR Basuki Hadimuljono

Laporan Wartawan Tribunnews.com, Syahrizal Sidik

TRIBUNNEWS.COM, BANDUNG — Kementerian Pekerjaan Umum dan Perumahan Rakyatberencana merevitalisasi Sungai Kalimalang di Bekasi, Jawa Barat tahun depan. Rencananya, revitaliasi sungai itu akan dipercantik seperti halnya Sungai Cheyonggyecheon di Seoul, Korea Selatan.

Hal itu disampaikan Menteri PUPR Basuki Hadimuljono saat menghadiri acara peringatan Hari Bakti PU ke-73 di pelataran Gedung Sate, Bandung, Jawa Barat, Minggu (2/12/2018). Menurut Basuki, revitalisasi sungai di timur ibukota itu akan didanai dari pagu Anggaran Pendapatan dan Belanja Negara Kementerian PUPR dan APBD Pemerintah Provinsi Jawa Barat sebesar Rp 40 miliar - Rp 50 miliar melalui hibah penataan kawasan dan tata rung.

Basuki mengatakan, Sungai Kalimalang juga merupakan saluran yang dibangun untuk memasok air baku dari Waduk Jatiluhur, Purwakarta untuk nantinya dialirkan ke masyarakat Jakarta.

“Beliau (Ridwan Kamil) mempunyai ide (merevitalisasi), kita bikin rekayasa teknik untuk estetika yang lebih baik, nanti beliau yang mendesain. 2019 akan saya kerjakan,” ungkap Basuki.

Baca: Nostalgia Maruli Tampubolon saat Nonton Balapan Vespa

Pada kesempatan yang sama, Gubernur Jawa Barat, Ridwan Kamil mengutarakan, jika APBN 2019 telah ditransfer oleh pemerintah, ia berjanji akan segera menggenjot revitalisasi Sungai Kalimalang.

“Sebagai arsitek saya banyak pengalaman mengurus sungai, insya Allah 2019 kalau anggarannya cair, saya akan kebut, sehingga di akhir tahun akan menjadi luar biasa,” jelasnya.

Sebelumnya, gagasan merevitalisasi sungai itu pernah disampaikan Ridwan melalui akun Instagramnya. Tidak hanya Sungai Kalimalang, mantan Wali Kota Bandung ini juga menggandeng Kementerian PUPR untuk pemulihan Sungai Citarum.

“5 tahun kita kerja sama, kita jadikan sungai Citarum yang hari ini banyak masalah yang jadi citra buruk, insya Allah dalam lima tahun Pemprov Jawa Barat, pengembalian marwah martabat Sungai Citarum sebagai sungai yang terbaik,” tuturnya.

Dapatkan Berita Pilihan
di WhatsApp Anda

Berita Populer

Berita Terkini