News

Bisnis

Super Skor

Sport

Seleb

Lifestyle

Travel

Lifestyle

Tribunners

Video

Tribunners

Kilas Kementerian

Images

Mulai Besok, Para Pencari Suaka Akan Dipindahkan ke Jakarta Islamic Center

Penulis: Danang Triatmojo
Editor: Fajar Anjungroso
AA

Text Sizes

Medium

Large

Larger

Sejumlah Imigran pencari suaka terlihat berjajar didepan menara Ravindo, Jalan Kebon Sirih, Jakarta Pusat, Rabu (3/6/2019). Mereka berasal dari Afghanistan, Pakistan, Somalia, dan Sudan. Mereka datang ke depan Menara Ravindo yang juga diketahui merupakan kantor UNHCR. Mereka datang untuk meminta tempat tinggal sambil menunggu keputusan suaka. Warta Kota/Angga Bhagya Nugraha

Laporan wartawan tribunnews.com, Danang Triatmojo

TRIBUNNEWS.COM, JAKARTA - Ketua DPRD DKI Jakarta, Prasetio Edi Marsudi memastikan para pencari suaka yang berada di sebagian trotoar Jalan Kebon Sirih, Jakarta Pusat bakal dipindahkan ke lokasi lebih layak.

Mulai Rabu besok (10/7), sebanyak 241 pencari suaka asal Afganistan, Sudan dan Somalia tersebut akan ditempatkan di Jakarta Islamic Center, Koja, Jakarta Utara.

Kepastian ini didapat usai Prasetio bersama Pemprov DKI, perwakilan pencari suaka dan United Nations High Commissioner for Refugees (UNHCR) alias Komisioner Tinggi PBB Untuk Pengungsi melakukan audiensi, di Gedung DPRD DKI, Selasa malam.

"Saya terpanggil. Teman-teman 241 orang yang ada di bawah ini akan kita pindahkan rencananya besok pagi ke Islamic Center," kata Prasetio usai audiensi di lokasi, Selasa (9/7/2019) malam.

Kata Pras, kebutuhan makan dan kesehatan para pengungsi juga bakal dijamin. Namun soal sampai kapan mereka ditempatkan di Jakarta Islamic Center, politisi PDI-P ini belum mengetahuinya.

Baca: Warga Kasihan terhadap Para Pencari Suaka di Trotoar Jalan Kebon Sirih

Soal adanya jaminan kesehatan, Pras mempertimbangkan kondisi anak para imigran yang sudah selama tiga hari jatuh sakit, tak kunjung dapat pertolongan pengobatan.

Untuk itu, DPRD DKI kata Pras menjembatani kebutuhan para pengungsi dengan jaminan dokter, makanan, dan kesehatan.

"Kita tampung dulu di Islamic Center. Karena manusia, kita cukupi kebutuhan tadi, karena ada anak kecil yang sakit juga sudah 3 hari. Dokter dateng, jadi kita tanggulangi, karena ada bayi juga ini yang sakit. Kita akan fasilitasi supaya sehat," ungkap dia.

Dapatkan Berita Pilihan
di WhatsApp Anda

Berita Populer

Berita Terkini