News

Bisnis

Super Skor

Sport

Seleb

Lifestyle

Travel

Lifestyle

Tribunners

Video

Tribunners

Kilas Kementerian

Images

Satu Jenazah Penyelam yang Tewas di Pulau Sangiang Teridentifikasi Seorang WNA Singapura

Editor: Imanuel Nicolas Manafe
AA

Text Sizes

Medium

Large

Larger

Peti jenazah Wan Bing Yang saat dibawa keluar dari Instalasi Forensik RS Polri Kramat Jati, Jakarta Timur, Rabu (4/12/2019)

TRIBUNNEWS.COM, JAKARTA - Tim Disaster Victims Identifications (DVI) RS Polri Kramat Jati telah mengidentifikasi satu dari tiga jenazah warga negara asing (WNA) yang yang hanyut di perairan Pulau Sangiang pada Minggu (3/11/2019).

Kepala Instalasi Forensik RS Polri Kramat Jati Kombes Edy Purnomo mengatakan jenazah yang ditemukan Senin (11/11/2019) lalu teridentifikasi pada Sabtu (30/12/2019).

"Sudah teridentifikasi atas nama Wang Bing Yang dan langsung diserahkan kepada keluarganya, warga negara Singapura," kata Edy di RS Polri Kramat Jati, Jakarta Timur, Rabu (4/12/2019).

Dalam proses identifikasi, Tim DVI RS Polri sempat kesulitan mendapat data pembanding antemortem (sebelum kematian) dari keluarga korban.

Pasalnya keluarga tinggal di Singapura, sehingga butuh waktu untuk datang dan menentukan waktu pengambilan jenazah Wan Bing Yang.

"Pengambilan DNA memang agak lama karena keluarganya tinggal di Singapur, jadi kita bekerja sama dengan Kedutaan Singapur untuk melakukan pengambilan sampel DNA," ujarnya.

• Sejumlah Buruh Gelar Aksi Teatrikal di Depan Gedung KPK

• Pascaledakan Granat Asap, Pengunjung Telah Diperbolehkan Beraktivitas di Monas

Jenazah meninggalkan Instalasi Forensik RS Polri sekira pukul 10.00 WIB didampingi pihak keluarga dan Kedutaan Besar Singapur untuk Indonesia.

Kondisi jasad yang sudah membusuk karena berada di laut membuat identifikasi melalui sidik jari tak memungkinkan.

Edy menyebut jenazah Wan Bing Yang teridentifikasi melalui pengambilan sampel DNA yang juga cukup sulit karena proses pembusukan.

"Karena jenazah terendam di air laut merusak sampel DNA yang beberapa kali kita ambil. Mulai dari daging, rambut, sampai akhirnya kita ambil melalui sampel tulang yang diekstrak," tuturnya.

Sebagai informasi, tiga penyelam yang hanyut atas nama Tan Xuz Tao, Wan Bzng Yang, Tian Yu hanyut yang dua di antaranya WN China dan satu WN Singapur.

Tan Xue Tao tercatat sebagai pegawai PT Wuling Motor, Tian Yu sebagai pegawai PT China-lndonesia, dan Wang Bing Yang sebagai pegawai PT Morowali Industry Aico.

Namun hingga pencarian yang dilakukan Tim SAR gabungan dihentikan pada Jumat (15/11/2019), baru jasad Wan Bing Yang yang ditemukan.

Penulis: Bima Putra

Artikel ini telah tayang di Tribunjakarta.com dengan judul: Jenazah Penyelam WNA yang Hanyut di Sangiang Teridentifikasi, Korban Warga Negara Singapura

Dapatkan Berita Pilihan
di WhatsApp Anda

Berita Populer

Berita Terkini