News

Bisnis

Super Skor

Sport

Seleb

Lifestyle

Travel

Lifestyle

Tribunners

Video

Tribunners

Kilas Kementerian

Images

Curahan Hati Warga RW 02 Kelurahan Ancol Kesulitan Dapat Air Bersih hingga Mandi Cuma Tiga Gayung

Editor: Wahyu Aji
AA

Text Sizes

Medium

Large

Larger

Warga menempatkan jerigen untuk diisi air bersih karena krisis air bersih di RW 02 Kelurahan Ancol, Pademangan, Jakarta Utara belum juga teratasi.

TRIBUNNEWS.COM, JAKARTA - Warga di wilayah RW 02 Kelurahan Ancol, Kecamatan Pademangan, Jakarta Utara kesulitan air bersih.

Mereka berusaha bertahan dengan menyiasati agar kebutuhan air bersih agar bisa terpenuhi. 

Seorang warga, Maswani (54) menceritakan krisis air bersih yang terjadi di lingkungannya itu sudah terjadi sejak enam bulan terakhir.

“Udah enam bulan (susah air bersih), ekonomi pusing, anak sekolah, dagangan sepi, ini lagi nggak punya air,” keluhnya, Rabu (12/1/2022). 

Alhasil Maswani harus memenuhi kebutuhan air bersih dengan air galon isi ulang.

Hal itu tentunya memberikan konsekuensi biaya yang dikeluarkan jauh lebih mahal daripada biasanya.

“Kalau air isi ulang Rp 5.500 per galon, sehari bisa enam, mahal. Kalau pakai air ledeng, biasa bayar sebulan Rp 36 ribu,” tuturnya.

Baca juga: Bisa Habiskan 30 Galon Air Sekali Minum, Ternyata Unta Tidak Gunakan Punuknya Untuk Menampung Air

Maswani mengaku dirinya menyiasati dengan cara menampung air hujan yang belakangan ini sering turun dalam intensitas tinggi agar bisa memenuhi kebutuhan air sehari-hari. 

“Kadang mandi tiga gayung, sebelumnya nggak pernah yang parah banget,” katanya. 

Ia pun berharap agar krisis air bersih di wilayahnya bisa segera diatasi oleh PT Palyja sebagai operator air pipa yang selama ini menyuplai air ke rumah-rumah warga di RW 02 Kelurahan Ancol. 

Lurah Ancol Rusmin mengatakan pihaknya sudah menyampaikan kondisi di lapangan terkait krisis air bersih di wilayah RW 02 Kelurahan Ancol ke operator air bersih Palyja.

Baca juga: Tolak Ajakan Rujuk, Wanita di Palembang Disiram Air Keras Suami Sirinya, Anak Ikut Jadi Korban

“Yang terdampak, dari laporan Pak RW ada 13 RT di RW 02 Ancol yang alami hambatan suplai air bersih. Kami dari kelurahan sudah koordinasi dengan Palyja,” tuturnya. 

Menurutnya pihak operator sudah berkomitmen untuk melayani masyarakat dengan sesegera mungkin melakukan upaya perbaikan supaya kebutuhan air bersih dapat kembali terpenuhi. (jhs)

Artikel ini telah tayang di WartaKotalive.com dengan judul Krisis Air Bersih di RW 02 Ancol, Warga: Mandi Cuma Tiga Gayung

Dapatkan Berita Pilihan
di WhatsApp Anda

Berita Populer

Berita Terkini