News

Bisnis

Super Skor

Sport

Seleb

Lifestyle

Travel

Lifestyle

Tribunners

Video

Tribunners

Kilas Kementerian

Images

Pemprov DKI Anggarkan Rp 80 Miliar untuk Bangun Jalur Sepeda pada 2022

Editor: Srihandriatmo Malau
AA

Text Sizes

Medium

Large

Larger

TRIBUNNEWS.COM, JAKARTA - Pemerintah provinsi (Pemprov) DKI Jakarta berencana melanjutkan pembangunan jalur sepeda sepanjang 2022 ini.

Wakil Gubernur DKI Jakarta Ahmad Riza Patria mengungkapkan rencana tersebut akan dimulai pada 2022.

"Jalur sepeda akan dibangun panjang sekali di 2022 ini," ujarnya di Balai Kota DKI Jakarta, Gambir, Jakarta Pusat, Selasa (29/3/2022) malam.

Guna memuluskan rencana tersebut, Pemprov DKI sudah mengalokasi dana sekurang-kurangnya Rp 80 miliar untuk pembuatan jalur sepeda hingga akhir tahun nanti.

"Anggaran pastinya saya lupa. Tapi, saya kira di atas Rp80 miliar lebih mungkin," ujarnya.

Orang nomor dua di DKI ini menyebut, pembuatan jalur sepeda ini merupakan bagian dari upaya Gubernur Anies Baswedan menata transportasi di ibu kota.

Ia pun berharap, pembangunan jalur sepeda ini bisa mendorong masyarakat menggunakan kendaraan alternatif ramah lingkungan ini.

"Prinsipnya kami akan fokus pada penataan transportasi yang lebih baik, termasuk juga jalur sepeda. Jalur sepeda ini akan kami tingkatkan setiap tahun, akan kami tambah terus jumlahnya," kata Ariza.

"Supaya memberi kesempatan pada pengguna sepeda untuk mempunyai jalur sendiri dan mendorong masyarakat menjadikan sepeda sebagai alat rekreasi, alat olahraga, dan juga alat transportasi," sambungnya.

Sebagai informasi, Gubernur DKI Jakarta Anies Baswedan mulai gencar membangun jalur sepeda sejak 2019 lalu.

Namun, proyek tersebut sempat terhenti di 2020 lalu akibat pandemi Covid-19 yang melanda ibu kota.

Hingga saat ini sudah terbangun 12 kilometer jalur sepeda terlindungi dan 64 kilometer jalur berbagi dengan sepeda di ibu kota. (TribunJakarta.com, Dionisius Arya Bima Suci)

Dapatkan Berita Pilihan
di WhatsApp Anda

Berita Populer

Berita Terkini