News

Bisnis

Super Skor

Sport

Seleb

Lifestyle

Travel

Lifestyle

Tribunners

Video

Tribunners

Kilas Kementerian

Images

Demo Buruh di Bekasi Sempat Ricuh, Kapolda Metro Jaya Minta Tempuh Jalur Peradilan

Penulis: Abdi Ryanda Shakti
Editor: Adi Suhendi
AA

Text Sizes

Medium

Large

Larger

Massa buruh memblokade kawasan industri MM2100 dan akses Tol Cibitung, Kabupaten Bekasi, Jawa Barat, menuntut kenaikan UMK Kabupaten Bekasi, pada Kamis (30/11/2023).

Laporan Wartawan Tribunnews.com, Abdi Ryanda Shakti

TRIBUNNEWS.COM, BEKASI - Kapolda Metro Jaya Irjen Karyoto turun langsung ke lokasi demo buruh di kawasan industri MM2100, Cikarang, Kabupaten Bekasi dan akses gerbang tol (GT) Cibitung, Kabupaten Bekasi.

Dalam hal ini, Karyoto menyebut pihaknya memberikan pemahaman kepada massa buruh terkait tuntutannya soal kenaikan Upah Minimum Provinsi (UMP).

"Kita sebagai aparat keamanan, memberikan pemahaman. Namanya UMK, UMP itu kan domainnya pemerintah dengan menetapkan kisaran. Walau prosesnya mereka sama-sama ikut mengawal," kata Karyoto di lokasi, Kamis (30/11/2023).

Pasalnya, dalam menjalankan aksinya, massa buruh sempat ricuh hingga memblokade jalan sehingga arus lalu lintas di lokasi tersendat.

"Tadi kan sempat beberapa kilo berhenti. Memang bukan di tol utamanya tapi hanya diakses menuju tol termasuk kawasan industri. Saat ini mulai dibuka satu jalur. Mereka sudah paham juga, saling menghargai," ucapnya.

Baca juga: Buruh di Kabupaten dan Kota Bekasi Demo UMK, Akses Tol Cibitung dan Jalan Ahmad Yani Lumpuh

Lebih lanjut, Karyoto meminta kepada massa buruh untuk menempuh jalur peradilan terkait tuntutannya tersebut agar tidak merugikan masyarakat lain.

"Kalaupun ada hal-hal yang tidak memenuhi harapan, masih ada jalan, secara peradilan industrial rekan-rekan pekerja," tuturnya.

Diberitakan sebelumnya bahwa massa buruh masih memblokade kawasan industri MM2100 dan akses tol Cibitung, Kabupaten Bekasi pada Kamis (30/11/2023).

Pantaun TribunBekasi.com, pukul 17.30 WIB, imbas demo massa buruh, arus lalu lintas di kawasan MM2100 dan akses tol Cibitung lumpuh total.

Baca juga: Demo Buruh Tuntut UMK di Bekasi, Polisi Imbau Pengendara ke Cikampek-Trans Jawa Lewat Tol Layang MBZ

Massa buruh memenuhi jalanan baik arah ke kawasan industri maupun ke Jalan Tol Jakarta Cikampek.

Petugas kepolisian masih terus berjaga melakukan pengamanan.

Sedangkan jalur arteri lainnya seperti Jalan Pantura masih relatif lancar.

Namun, sejumlah kawasan industri lainnya seperti Gobel, EJIEP juga terdapat massa aksi dan membuat arus lalu lintas tersendat.

Halaman
12
Dapatkan Berita Pilihan
di WhatsApp Anda

Berita Populer

Berita Terkini