News

Bisnis

Super Skor

Sport

Seleb

Lifestyle

Travel

Lifestyle

Tribunners

Video

Tribunners

Kilas Kementerian

Images

Kapolsek Tanah Abang dan Sejumlah Anggotanya Diperiksa Propam Buntut Belasan Tahanan Kabur

Penulis: Abdi Ryanda Shakti
Editor: Acos Abdul Qodir
AA

Text Sizes

Medium

Large

Larger

Petugas menunjukkan delapan tahanan yang sempat kabur dari rumah tahanan (rutan) Polsek Metro Tanah Abang dan berhasil ditangkap, dalam jumpa pers di Polres Metro Jakarta Pusat, Kamis (22/2/2024). 

Laporan Wartawan Tribunnews.com, Abdi Ryanda Shakti

TRIBUNNEWS.COM, JAKARTA - Sebanyak 10 anggota Polsek Metro Tanah Abang diperiksa oleh Bidang Profesi dan Pengamanan (Propam) buntut belasan tahanan kabur beberapa waktu lalu.

Pemeriksaan Propam ini untuk mendalami ada atau tidaknya unsur kelalaian yang dilakukan para petugas.

“Setidaknya sudah 10 personel Polsek Tanah Abang dilakukan pemeriksaan untuk mendalami unsur kesalahan dan kelalaian petugas jaga tahanan,” kata Kapolres Metro Jakarta Pusat Kombes Susatyo Purnomo Condro dalam konferensi pers, Kamis (22/2/2024).

Dalam hal ini, Susatyo tidak menampik pemeriksaan juga dilakukan kepada Kapolsek Metro Tanah Abang Kombes Hans Philip Samosir dan Wakapolsek Metro Tanah Abang sebagai pimpinan di Polsek.

"Jadi, 10 anggota tersebut, termasuk para petugas jaga kemudian berjenjang baik itu kapolsek ataupun wakapolsek itu semua dilakukan pemeriksaan secara intensif,” ucapnya.

Bahkan, Susatyo menyampaikan petugas akan menindak tegas sesuai dengan bukti yang ada, apabila ditemukan adanya kelalaian pada kejadian kaburnya belasan tahanan. 

“Tentunya terkait sanksi disiplin. Saat ini pemeriksaan masih berlangsung masih mengkaji berbagai unsur kesalahan atau kelalaian,” tuturnya.

“Sehingga tentunya dalam waktu dekat akan ada sidang disiplin terkait dengan petugas atau personel Polsek Tanah Abang yang diduga lalai,” sambungnya.

6 Tahanan Masih Buron

Polisi mengungkap identitas 14 tahanan yang sempat kabur dari rumah tahanan (rutan) Polsek Metro Tanah Abang pada Senin (19/2/2024).

Baca juga: Belasan Tahanan Kabur dari Polsek Tanah Abang, Alasan Kecolongan Gara-gara Modus Nyanyi

Awalnya, disebutkan jika ada 16 tahanan yang kabur dari rutan. Namun, dua orang tahanan tidak sampai kabur dan langsung ditangkap sehingga jumlah yang kabur sebanyak 14 orang saja.

Terbaru, polisi kembali menangkap delapan tahanan. Sementara enam orang masih masuk dalam daftar pencarian orang (DPO).

"Hingga saat ini dari 14 Tahanan yang melarikan diri telah 8 Tersangka telah diamankan kembali. Adapun 6 tersangka lainnya masih dilakukan pengejaran," kata Kapolres Metro Jakarta Pusat Kombes Susatyo Purnomo Condro kepada wartawan, Kamis (22/2/2024).

Adapun identitas tahanan yang telah ditangkap kembali yakni:

Halaman
12
Dapatkan Berita Pilihan
di WhatsApp Anda

Berita Populer

Berita Terkini