News

Bisnis

Super Skor

Sport

Seleb

Lifestyle

Travel

Lifestyle

Tribunners

Video

Tribunners

Kilas Kementerian

Images

Sukacita Masyarakat Rela Berpanas-panasan Demi Lihat dan Sapa Paus Fransiskus

Penulis: Danang Triatmojo
Editor: Eko Sutriyanto
AA

Text Sizes

Medium

Large

Larger

Sambutan masyarakat untuk Pemimpin umat Katolik sedunia, Paus Fransiskus saat beranjak dari Kedubes Vatikan menuju Istana Negara, Jakarta Pusat pada Rabu (4/9/2024) pagi/ Danang Triatmojo

Laporan Wartawan Tribunnews.com Danang Triatmojo

TRIBUNNEWS.COM, JAKARTA - Pemimpin umat Katolik sedunia, Paus Fransiskus memulai agenda pertamanya di Indonesia dengan bertemu Presiden Joko Widodo (Jokowi) di Istana Negara, Jakarta Pusat pada Rabu (4/9/2024) pagi.

Paus berangkat dari Kedutaan Besar (Kedubes) Vatikan di Jalan Medan Merdeka Timur, Gambir pukul 9.22 WIB. Ia menaiki Innova Zenix warna putih. Seperti saat kedatangan kemarin, Sri Paus duduk di kursi depan sebelah sopir dan tetap membuka jendela mobilnya sambil melambaikan tangan, menyapa masyarakat yang hadir di pinggir jalan.

Setengah jam sebelum Paus beranjak dari Kedubes Vatikan, meski cuaca cerah dan terik, sejumlah warga sudah memadati trotoar Jalan Medan Merdeka Timur.

Ada yang berdiri menanti menyapa Paus dari sisi kiri Kedubes Vatikan, ada juga yang menunggu di sisi seberang, dan juga Jalan Medan Merdeka Selatan.

Rute perjalanan Paus dari Kedubes Vatikan menuju Istana Negara yakni melewati Jalan Medan Merdeka Timur, putar balik di depan Kementerian Perdagangan, lalu mengarah ke Jalan Medan Merdeka Selatan dan menuju Istana Negara lewat kawasan Monumen Nasional (Monas).

Beberapa orang terlihat membawa poster Paus Fransiskus, seraya melambaikan tangan, dengan harapan bisa disapa oleh pemimpin umat Katolik dunia itu.

Baca juga: Paus Fransiskus Terkesan dengan Semboyan Bhinneka Tunggal Ika

Sempat ada momen ketika masyarakat yang awalnya menyambut Paus dari sisi Kedubes Vatikan, tiba - tiba menyeberang jalan ke Jalan Medan Merdeka Selatan. Hal ini terjadi setelah kendaraan iring-iringan Sri Paus hendak memutar balik di depan Kemendag.

Sontak, kepolisian langsung memagari ruas jalan dengan jajaran personel berpakaian brimob, seraya mengatur kerumunan agar tak mengganggu jalur kendaraan yang dilintasi Paus menuju Istana Negara.

Salah satu warga yang ditemui di lokasi, Claudia (32) mengajak kawan Katoliknya. Ia sengaja datang melihat langsung Sri Paus dari dekat, berjalan kaki dari kantornya di kawasan Gambir.

"Sengaja mau lihat karena dekat kantor, karena kapan lagi bisa melihat Bapa dari dekat begini," ucapnya.

Claudia dan masyarakat lainnya tampak mengabadikan momen itu dengan gawai masing - masing.

Bahkan ada juga anggota Brimob yang tak mau ketinggalan mengabadikan momen itu.

Adapun kepolisian menerapkan rekayasa lalu lintas berupa pengalihan rute, demi kelancaran perjalanan Paus dan rombongan menuju Istana.

Ruas yang ditutup yakni ruas jalan di Tugu Tani mengarah ke Jalan Medan Merdeka Timur, Jalan Medan Merdeka Utara ditutup, kendaraan yang melintas dari Jalan Ir. H. Juanda yang mengarah ke Jalan Majapahit diluruskan ke Jalan Suryopranoto.

Dapatkan Berita Pilihan
di WhatsApp Anda

Berita Populer

Berita Terkini