News

Bisnis

Super Skor

Sport

Seleb

Lifestyle

Travel

Lifestyle

Tribunners

Video

Tribunners

Kilas Kementerian

Images

7 Mayat Mengapung di Bekasi

Dari 7 Mayat yang Ditemukan di Kali Bekasi, 5 Korban Belum Teridentifikasi

Editor: Erik S
AA

Text Sizes

Medium

Large

Larger

Awal mula penemuan 7 mayat di Kali Bekasi, Minggu (22/9/2024), dua jasad ditemukan berdempetan, tiga lainnya tertelungkup seperti batu.

TRIBUNNEWS.COM, KRAMAT JATI -  Dari tujuh mayat remaja yang ditemukan mengambang di Kali Bekasi, baru 2 jenazah yang sudah teridentifikasi.

Kedua jenazah yang berhasil diidentifikasi adalah Muhammad Rizky (19) dan remaja laki-laki berinisial AD (16).

Karodokpol Pusdokkes Polri, Brigjen Nyoman Eddy Purnama Wirawan mengatakan identifikasi terkendala karena kondisi jenazah yang sudah membusuk dan minimnya data pembanding.

Baca juga: Korban Selamat Ungkap Ceburkan Diri ke Kali Bekasi Karena Menghindar Ditangkap Polisi

 Dalam hal identifikasi melalui sidik jari, pencocokan data postmortem dari jenazah korban sulit dilakukan karena kondisi jasad sudah mengalami proses pembusukan.

"Sidik jari sudah mulai kesulitan karena kondisi saat (jenazah) diterima sudah mulai alami pembusukan. Tapi tetap diupayakan," kata Nyoman saat dikonfirmasi, Rabu (25/9/2024).

Upaya identifikasi yang dilakukan melalui pencocokan data gigi juga terkendala karena data pembanding antemortem diberikan pihak keluarga korban kepada Tim DVI masih minim.

Sementara Tim DVI membutuhkan data pembanding gigi korban dari rekam medis pemeriksaan gigi korban semasa hidup, ataupun foto yang dapat menunjukkan kondisi gigi korban.

Hingga kini baru dua jenazah yang dinyatakan teridentifikasi berdasar pencocokan data sidik jari serta gigi, yakni Muhammad Rizky (19) dan remaja laki-laki berinisial AD (16).

"Dari gigi kesulitannya tidak akuratnya data gigi saat korban masih hidup. Masih diupayakan. Sudah ditanyakan (rekam medis gigi korban), namun tidak ada info atau data akurat," ujarnya.

Baca juga: Tewas di Kali Bekasi, Muhamad Davi Seharusnya Masuk Sekolah Hari Pertama

Nyoman menuturkan informasi data pembanding gigi korban semasa hidup yang diberikan pihak keluarga belum memadai, sehingga sulit dilakukan pencocokan dengan data postmortem.

Informasi dari pihak keluarga seperti kondisi gigi depan korban yang keropos tidak dapat mengidentifikasi secara pasti, karena dimungkinkan ada banyak orang mengalami kondisi gigi serupa.

"Beberapa foto gigi geligi (korban semasa hidup) dalam kondisi meringis ada, bisa mengarahkan pada seseorang namun belum bisa memastikan secara spesifik," tuturnya.

Sedangkan identifikasi melalui pencocokan data antemortem DNA dari keluarga korban dengan postmortem dari jenazah korban butuh waktu karena melalui serangkaian proses.

Namun Tim DVI RS Polri Kramat Jati memastikan tetap berupaya semaksimal mungkin dalam proses identifikasi lima jenazah yang belum dinyatakan teridentifikasi.

Baca juga: Tewas di Kali Bekasi, Muhamad Davi Seharusnya Masuk Sekolah Hari Pertama

Tim DVI menyatakan dalam proses identifikasi yang terpenting merupakan adalah ketepatan bukan kecepatan, tujuannya agar jenazah yang diserahkan kepada pihak keluarga benar.

"DNA membutuhkan waktu meski semua sudah diambil sampel. Prinsip menentukan identitas adalah ketepatan, bukan kecepatan. Jadi kita harus betul-betul pasti," lanjut Nyoman

Penulis: Bima Putra

Artikel ini telah tayang di TribunJakarta.com dengan judul Jenazah Membusuk dan Data Pembanding Minim jadi Kendala Identifikasi Korban Kali Bekasi

Dapatkan Berita Pilihan
di WhatsApp Anda

Berita Populer

Berita Terkini