News

Bisnis

Super Skor

Sport

Seleb

Lifestyle

Travel

Lifestyle

Tribunners

Video

Tribunners

Kilas Kementerian

Images

MotoGP Mandalika

Pramusim MotoGP 2022 di Sirkuit Mandalika, Marquez Cs Dijadwalkan Lakoni Uji Spesifikasi Ban

Penulis: Rochmat Purnomo
Editor: Husein Sanusi
AA

Text Sizes

Medium

Large

Larger

Foto udara Pertamina Mandalika International Street Circuit di Kawasan Ekonomi Khusus (KEK) Mandalika, Praya, Lombok Tengah, Nusa Tenggara Barat (NTB), Minggu (23/1/2022). Progres pembenahan race track dan sarana penunjang Pertamina Mandalika International Street Circuit sudah mendekati 100 persen dan ditargetkan rampung pada Februari 2022 untuk digunakan pada perhelatan MotoGP Grand Prix of Indonesia yang diselenggarakan pada 18-20 Maret 2022. TRIBUNNEWS/IRWAN RISMAWAN

TRIBUNNEWS.COM - Gelaran MotoGP 2022 akan segera menjalani tes pramusimnya di empat lokasi yang sudah ditentukan.

Keempat lokasi yang menjadi test pramusim MotoGP 2022 adalah Jerez (Spanyol), Sepang (Malaysia), Mandalika (Indonesia) dan Algarve (Portugal).

Sirkuit Mandalika sendiri dijadwalkan menggelar sesi tes pramusim MotoGP 2022, pada Jumat (11/2) mendatang.

Nantinya dalam tes pramusim MotoGP 2022 di Sirkuit Mandalika, salah satunya bakal dilakukan pengujian spesifikasi ban.

Sejauh ini persiapan Kepolisian Daerah Nusa Tenggara Barat (Polda NTB) sudah mencapai 75 persen menghadapi Pra Musim dan Race MotoGP Mandalika. (Istimewa)

Baca juga: Mandalika Bisa Ambil Contoh Kebijakan Tes Pramusim MotoGP Malaysia yang Tak Wajib Karantina

Baca juga: Jelang Tes Pramusim MotoGP 2022 di Mandalika, Raul Fernandez Bahagia Akhirnya Boleh Makan Pizza Lagi

Piero Taramasso selaku Manager Michelin Two Wheels Motorsport memberikan penjelasannya.

Menurutnya, Michellin akan menguji beberapa spesifikasi ban yang berbeda baik dari sisi campuran bahan maupun tingkat kekokohan.

Hal ini agar pada akhir sesi uji dapat memberikan opsi ban-ban terbaik bagi para pembalap yang bertanding di Mandalika.

“Sesudah tes pertama tim Michelin sudah bisa menentukan kebutuhan ban seperti apa, atau jika ada spesifikasi khusus yang diperlukan untuk seri ini,” kata Piero Taramasso dalam rilis yang diterima Tribunnews.

Pada sesi uji di Mandalika nanti, Michelin akan mengirimkan tim yang terdiri dari para tyre fitter dan race tyre engineer yang merupakan bagian dari tim Michelin Motorsport Roda Dua.
 
Sebagaimana diketahui, ban merupakan elemen vital dalam ajang adu balap, termasuk MotoGP.

Ketepatan pemilihan ban dengan performa terbaik untuk lintasan sirkuit tertentu, bisa menjadi penentu kemenangan.

Piero menjelaskan ban-ban untuk kebutuhan balap MotoGP dikembangkan oleh departemen teknis di dalam grup Michelin di bawah arahan tim Motorsport.

Ban-ban tersebut memiliki rancang bangun yang berbeda dengan ban-ban yang digunakan untuk kompetisi yang lain.
 
“Kecepatan dan temperatur yang dicapai atau dihadapi ban-ban dalam MotoGP jauh lebih tinggi dibanding dengan pada kompetisi lain, sehingga ban yang digunakan juga didesain khusus, baik dalam hal rancang bangun maupun campuran bahan yang digunakan supaya bisa mengatasi kondisi berkendara yang ekstrim di lintasan,” ujar Piero yang telah berkarir selama 33 tahun di Michelin dan menghabiskan 20 tahun terakhir menjadi bagian tim Motorsport.

Menjelang balapan internasional MotoGP di Pertamina Mandalika International Street Circuit, Lombok, Nusa Tenggara Barat, pada 18-20 Maret mendatang, Michelin akan menguji beberapa spesifikasi ban. (istimewa)

Ia menambahkan dalam proses uji pramusim di sirkuit Mandalika, seperti pada seri-seri di sirkuit lainnya, ada tiga spesifikasi ban Michelin jenis slick (gundul/rata) yang akan dicoba yaitu tipe soft, medium dan hard.

Para pembalap akan mencoba ketiga tipe ban tersebut dalam sesi Latihan Bebas selama akhir pekan.

Setelah itu para pembalap akan memilih tipe yang menurut mereka terbaik dalam hal cengkeraman dan daya tahan untuk digunakan dalam balapan pada 20 Maret 2022.
 
Sebagai title sponsor sekaligus pemasok tunggal ban perhelatan MotoGP sejak tahun 2016, tim Michelin Two Wheels Motorsport hadir di setiap gelaran MotoGP untuk mendukung kejuaraan dan mengembangkan ban dengan keamanan dan performa terbaik, serta memberikan saran kepada para pembalap tentang pilihan ban.

Halaman
1234
Dapatkan Berita Pilihan
di WhatsApp Anda

Berita Populer

Berita Terkini