News

Bisnis

Super Skor

Sport

Seleb

Lifestyle

Travel

Lifestyle

Tribunners

Video

Tribunners

Kilas Kementerian

Images

MotoGP Mandalika

Marc Marquez Tak Masalah Sirkuit Mandalika Berdebu, Alex Rins juga Memaklumi Kotornya Lintasan

Editor: Dewi Agustina
AA

Text Sizes

Medium

Large

Larger

Dari kiri, pembalap tim Gresini Racing, Enea Bastianini (nomor 23), pembalap tim Repsol Honda, Marc Marquez (nomor 93), pembalap tim WithU Yamaha RNF, Darryn Binder (nomor 40), dan pembalap tim Ducati Lenovo, Jack Miller (nomor 43) saat melakukan simulasi start pada tes pramusim MotoGP 2022 hari ketiga di Pertamina Mandalika International Street Circuit (Sirkuit Mandalika), Praya, Lombok Tengah, Nusa Tenggara Barat (NTB), Minggu (13/2/2022). Tes pramusim MotoGP 2022 di Sirkuit Mandalika berlangsung pada Jumat-Minggu, 11-13 Februari 2022. TRIBUNLOMBOK.COM/REZA EKA ADI NUGRAHA

TRIBUNNEWS.COM, JAKARTA - Sirkuit Mandalika di Lombok menjadi sorotan karena munculnya debu saat tes pramusim yang dilakukan pembalap. Tes balapan sempat terhenti sejenak karena banyaknya debu di lintasan.

Bahkan motor setiap pembalap nyaris kotor berwarna cokelat dan harus dibersihkan.

Direktur Utama Mandalika Grand Prix Association (MGPA), Priandhi Satria menyampaikan hasil rapat evaluasi antara Dorna dengan panitia balapan di tes pramusim MotoGP Mandalika 2022.

Dorna menganggap wajar lintasan balap berdebu dan kotor.

"Diskusinya membahas hari pertama yang dibilang banyak pasir dan lintasan berdebu. Dorna sendiri dalam
diskusinya menyatakan sesuatu yang wajar. Lintasan yang tak dipakai selama dua bulan, belum lagi masih banyak pembangunan di sana-sini pada area sirkuit. Dorna dan Race Director tak ingin ada perubahan di lintasan sampai ajang MotoGP (Maret) nanti," ujar Priandhi, Minggu (13/2/2022).

Sebaliknya, Dorna memberikan masukan agar lintasan digunakan secara reguler.

Baca juga: Marquez Suka Tikungan 1 dan 4 Mandalika

"Yang dibutuhkan adalah lintasan dipakai secara reguler. Nantinya debu dan kotoran bisa keluar," tegas Andhi.

Ketua Umum Ikatan Motor Indonesia (IMI) Bambang Soesatyo menerima kunjungan Jarno Zaffelli dari Dromo Circuit Design, yang merupakan designer sekaligus konsultan pembangunan Pertamina Mandalika International Street Circuit.

Usai mendapatkan berbagai input dari Jarno Zaffelli seputar kondisi Sirkuit Internasional Mandalika, Bamsoet menegaskan lintasan track yang kotor akibat debu dan kerikil, seperti dialami pada tes pramusim MotoGP pada 11 Maret 2022 menjadi pelajaran penting menghadapi race MotoGP pada 18-20 Maret 2022 nanti.

"Dorna Sport, FIM dan MGPA juga sedang melakukan kajian mendalam terkait lintasan sirkuit yang sempat kotor tersebut. Sehingga bisa mendapatkan kejelasan yang utuh sekaligus memberikan solusi penanganannya agar pada 18-20 Maret 2022 nanti Sirkuit Mandalika semakin siap menggelar MotoGP. Jika ada hal-hal yang perlu dibenahi, IMI siap membantu MGPA sebagai penyelenggara MotoGP membereskan berbagai hal tersebut," ujar pria yang akrab disapa Bamsoet ini.

Ketua DPR RI ke-20 dan mantan Ketua Komisi III DPR RI Bidang Hukum, HAM, dan Keamanan ini menjelaskan, sebagaimana disampaikan Race Direction Representative dari Dorna Sports, Loris Capirossi, kondisi track sirkuit yang kotor merupakan hal biasa yang sering terjadi pada sirkuit baru yang juga belum digunakan menggelar balapan lagi.

Disinilah kegunaan tes pramusim, untuk membenahi hal-hal yang perlu dibenahi.

MGPA juga sudah bergerak cepat menyelesaikannya, jika masih ada hal yang perlu dibenahi bisa dilakukan sesegera mungkin.

Direktur Off The Road Olahraga Sepeda Motor IMI Pusat Eddy Saputra yang ditugaskan IMI Pusat menjadi Deputy Race Committee MotoGP juga sedang berada di Sirkuit Internasional Mandalika, mengawasi jalannya tes pramusim MotoGP.

Halaman
12
Dapatkan Berita Pilihan
di WhatsApp Anda

Berita Populer

Berita Terkini