News

Bisnis

Super Skor

Sport

Seleb

Lifestyle

Travel

Lifestyle

Tribunners

Video

Tribunners

Kilas Kementerian

Images

Papua Memanas

Human Rights Watch Nilai Kongres Rakyat Papua Bukan Makar

Penulis: Samuel Febrianto
Editor: Hasiolan Eko P Gultom
AA

Text Sizes

Medium

Large

Larger

Ratusan orang diamankan pihak kepolisian karena mengikuti Kongres Rakyat Papua yang menyetujui pembentukan negara Papua Merdeka, Rabu (19/10/2011).

Laporan Wartawan Tribunnews.com, Samuel Febriyanto

TRIBUNNEWS.COM - Organisasi sipil pembela Hak Asasi Manusia (HAM) yang berbasis di New York, Amerika Serikat, Human Rights Watch (HRW) menilai Kongres Rakyat Papua merupakan bagian dari hak demokrasi yang ada bagi rakyat Papua.

Mereka lalu menyerukan Pemerintah Indonesia untuk mencabut dakwan atas tuduhan makar dan membebaskan lima peserta Kongres Rakyat Papua ketiga.

"Pemerintah Indonesia harus menunjukkan komitmennya terhadap ekspresi damai dengan membatalkan dakwaan terhadap kelima aktivis Papua," kata Deputi HRW wilayah Asia, Elaine Pearson dalam sebuah pernyataan seperti dikutip dari AFP, Minggu, (29/1/2012).

Pihaknya sangat menyayangkan bila Pemerintah Indonesia tetapĀ  memejahijaukan kelima aktivis tersebut. Terlebih, katanya, Indonesia selama ini dikenal sebagai bangsa demokratis modern.

"Mengerikan jika bangsa demokratis modern seperti Indonesia, terus melarang orang untuk mengorganisir demonstrasi dan mengekspresikan pandangan kontroversial. Mengejar sidang hanya akan memperdalam kebencian masyarakat Papua terhadap pemerintah", lanjut Elaine.

HRW juga mendesak Pemerintah Indonesia untuk melepaskan 15 aktivis Papua lainnya yang ditahan, termasuk Pemimpin kemerdekaan Papua, Filep Karma dan 60 orang aktivis Maluku.

Dapatkan Berita Pilihan
di WhatsApp Anda

Berita Populer

Berita Terkini