News

Bisnis

Super Skor

Sport

Seleb

Lifestyle

Travel

Lifestyle

Tribunners

Video

Tribunners

Kilas Kementerian

Images

Tempe dan Tahu Hilang di Pasaran

Kemendag: 60 Persen Kedelai Masih Impor

Penulis: Srihandriatmo Malau
AA

Text Sizes

Medium

Large

Larger

Seorang pekerja memasukkan kacang kedelai ke dalam karung untuk ditimbang di salah satu toko kacang kedelai di Jalan Terusan Pasirkoja, Kota Bandung, Selasa (24/7/2012). Penjulan kacang kedelai untuk bahan baku membuat tahu dan tempe selama sebulan terakhir di tempat ini turun hingga 30 persen. Hal tersebut dipicu naiknya harga kacang asal Amerika tersebut menjadi Rp 7.600 - Rp 7.800 per kg dari harga sebelumnya Rp 6.500 per kg. (TRIBUN JABAR/ Gani Kurniawan)

TRIBUNNEWS.COM, JAKARTA - Naiknya harga kedelai yang menjadi bahan baku tempe dan tahu di pasaran terus menjadi perbincangan hangat. Wajar saja ketika harga tempe dan tahu naik karena adanya gangguan pasokan kedelai.

Wakil Menteri Perdagangan, Bayu Krisnamurthi  pun mengakui jika Indonesia masih mengimpor kedelai bahkan hingga 60 persen besarannya.

“Indonesia 60 persen dari kebutuhan kedelai dari luar negeri,” kata Bayu di Kantor Kementerian Perdagangan, Jakarta, Rabu(25/7/2012).

Menurut Bayu, Indonesia baru bisa menghasilkan 800.000 ton produksi kedelai dalam negeri. Itu berarti sekitar 1,2 juta ton kedelai masih diimpor.

Tingginya permintaan produk turunan kedelai ternyata tidak bisa dipenuhi oleh produksi dalam negeri. Setiap tahun tidak kurang dari 2,4 juta ton kedelai di konsumsi masyarakat.

"Akibatnya, serbuan kedelai impor semakin deras membanjiri Indonesia," jelasnya.

Untuk diketahui, data dari Badan Pusat Statistik (BPS) menyebutkan, tahun ini Indonesia banyak impor kedelai dari lima negara. Pertama dari China sebanyak 281,8 ton kedelai dengan nilai US$ 279 ribu. Kemudian kedelai asal negara di Eropa Timur, Ukraina mencapai 738 ton dengan nilai US$ 370 ribu.

Selanjutnya impor kedelai dari Kanada sebanyak 1.500 ton dengan nilai US$ 887,4 ribu. Dari Malayasia sebanyak 26 ribu ton kedelai dengan nilai US$ 20,8 juta. Serta dari Amerika Serikat sebanyak 721,1 ribu ton kedelai dengan nilai US$ 401,6 juta.

Dapatkan Berita Pilihan
di WhatsApp Anda

Berita Populer

Berita Terkini