News

Bisnis

Super Skor

Sport

Seleb

Lifestyle

Travel

Lifestyle

Tribunners

Video

Tribunners

Kilas Kementerian

Images

Lebaran 2012

Din: Umat Islam Tidak Boleh Terjebak dalam Ekstrimitas

Penulis: Deodatus Pradipto
Editor: Gusti Sawabi
AA

Text Sizes

Medium

Large

Larger

Ketua PP Muhammadiyah Din Syamsuddin.

Laporan wartawan Tribun, Deodatus S. Pradipto

TRIBUNNEWS.COM, JAKARTA - Ketua Umum PP Muhammadiyah mengimbau umat Islam untuk tidak terjebak kepada spektrum ekstrimitas, keberagaman dalam kehidupan. Din mengimbau umat Islam untuk mengambil posisi tengahan (median position) dalam menegakkan keseimbangan dan keadilan dalam kehidupan pribadi, keluarga, bermasyarakat, berbangsa dan bernegara.

Imbauan tersebut dilontarkan Din ketika menyampaikan khotbah pada shalat Idul Fitri 1433 H di Masjid Al-Azhar, Jakarta, Minggu (19/8/2012).

Din mengatakan, sebagai umat tengahan dengan akidah tengahan maka, umat Islam perlu mengambil posisi jalan tengah (middle path) dalam keberagaman.

"Posisi jalan tengah dalam beragama adalah posisi keberagaman yang tidak terjebak baik kepada ekstrim yang mementingkan kehidupan ukhrawi saja sehingga melupakan kehidupan duniawi, atau sebaliknya, mementingkan duniawi saja sehinggi melupakan kehidupan ukhrawi," jelas Din.

Din menambahkan keberagaman tengahan adalah keberagaman yang total dan komprehensif, bukan keberagaman parsial.

"Keberagaman tengahan juga mengambil bentuk keberagaman proporsional, yaitu menjalankan ajaran-ajaran agama sesuai dengan proporsinya," tuturnya.

Dapatkan Berita Pilihan
di WhatsApp Anda

Berita Populer

Berita Terkini