News

Bisnis

Super Skor

Sport

Seleb

Lifestyle

Travel

Lifestyle

Tribunners

Video

Tribunners

Kilas Kementerian

Images

Lebaran 2012

Khatib Istiqlal: Kemiskinan Adalah Persoalan Serius

Penulis: Srihandriatmo Malau
Editor: Gusti Sawabi
AA

Text Sizes

Medium

Large

Larger

Umat muslim memberikan zakat fitrah kepada petugas penerima zakat fitrah Masjid Istiqlal Jakarta Pusat, Rabu (15/8/2012). Masjid Istiqlal menerima zakat fitrah menjadi dua golongan yaitu golongan A sebesar Rp 35 ribu dan B Rp 40 ribu, yang akan disalurkan pada mustahiq atau penerima zakat. TRIBUNNEWS/HERUDIN

TRIBUNNEWS.COM, JAKARTA -  Khatib shalat Ied di Masjid Istiqlal yang juga Rektor IAIN Wali Songo Semarang Muhibbin menegaskan, persoalan kemiskinan adalah persoalan yang serius. Karenanya, Islam juga menekankan agar umatnya senantiasa berusaha mengilangkan atau setidaknya berusaha menguranginya.

Tentunya menurut dia, berbagai usaha untuk itu harus terus diupayakan melalui aktifitas nyata dan terukur. "Islam pada dasarnya sangat menghargai orang-orang yang mau berusaha secara sungguh-sungguh sesuai aturan main yang ada. Bahkan mencela segala bentuk kemalasan dan pengangguran," tegasnya dalam kotbah di Istiqlal, Jakarta, Minggu (19/8/2012).

Lanjutnya, Islam juga sangat peduli dan menganjurkan pemberantasan kemiskinan dan membenci penggangguran.  "Perintah Allah SWT untuk berzakat, berderma, bersedekah, wakaf, dan lainnya," ujarnya.

Dengan demikian menjadi bukti bahwa Allah SWT sesungguhnya menghendaki agar umat Islam selalu berusaha mencari dan mendapat karunia Allah yang digelar di atas bumi dengan kesungguhan dan ketulusan.

Dengan demikian, pada saatnya pula karunia yang didapatkan tersebut, umat Islam akan mampu menunaikan kewajiban zakat, mampu menolong saudaranya yang lemah dan berkekurangan. Serta dapat menyantuni anak-anak yatim, sehingga kesejahteraan umat manusia dapat diwujudkan.

"Dengan merealisasikan ketentuan Islam pada kehidupan kita, utamanya menunaikan zakat bagi yang mampu dan menjalankan kewajiban kita sebagai warga negara yang baik tentu berbagai persoalan umat akan sedikit demi sedikit bisa diatasi," pesannya.

Dalam shalat Ied di Istiqlal, hadir Presiden Susilo Bambang Yudhoyono dan Wakil Presiden Boediono serta Menteri Kabinet Indonesia Bersatu II serta pimpinan lembaga tinggi negara.

baca juga:

Dapatkan Berita Pilihan
di WhatsApp Anda

Berita Populer

Berita Terkini