News

Bisnis

Super Skor

Sport

Seleb

Lifestyle

Travel

Lifestyle

Tribunners

Video

Tribunners

Kilas Kementerian

Images

Konvensi Demokrat

Pengunduran Diri Mahfud Baik Untuk Dirinya dan Kritik Bagi Konvensi

Penulis: Eri Komar Sinaga
Editor: Hasiolan Eko P Gultom
AA

Text Sizes

Medium

Large

Larger

Mantan Ketua Mahkamah Konstitusi Mahfud Md mendatangi Gedung Komisi Pemberatasan Korupsi, Jalan Rasuna Said, Kuningan, Jakarta Selatan, Selasa (21/5/2013). Mahfud melaporkan kekayaannya selama menjadi penyelenggara negara ke Komisi Pemberantasan Korupsi. Mahfud mengaku jumlah hartanya hingga akhir menjabat adalah Rp 7 miliar. (WARTA KOTA/HENDRY LOPULALAN)

Laporan Wartawan Tribunnews, Eri Komar Sinaga

TRIBUNNEWS.COM, JAKARTA -  Guru Besar Lembaga Politik Indonesia (LIPI), Siti Zuhro, menilai langkah Mahfud MD yang memutuskan menolak ikut konvensi calon presiden Partai Demokrat merupakan langkah tepat.

Siti menilai keputusan tersebut baik untuk Mahfud sendiri dan merupakan pembelajaran bagi komite konvensi mengenai penyelenggaraan konvensi yang belum maksimal.

"Masa hanya mengundang tapi tidak dilampirkan persyaratan dan aturan main, serta kewajiban dan hak-haknya. Orang hukum itu harus ada kepastian hukum. Ketika tidak ada kepastian hukum dia dianggap tak memiliki legal standing yang tidak jelas," kata Siti kepada wartawan di Warung Daun Cikini, Jakarta, Sabtu (31/8/2013).

Sebelumnya, Mahfud MD membatalkan dirinya untuk mengikuti konvensi capres bikinan Demokrat tersebut.

"Setelah saya merenung dan berkonsultasi kepada Allah SWT melalui salat istikharah serta mendiskusikan secara mendalam dengan tim politik saya, maka saya memutuskan untuk tidak mengikuti konvensi Partai Demokrat," kata Mahfud saat bertemu dengan komite konvensi beberapa hari yang lalu.

Selain Mahfud, tokoh senior Golkar Jusuf Kalla,  Bekas Gubernur Jawa Tengah Rustriningsih, dan Bos Lion Air Rusdi Kirana juga menyatakan mengundurkan diri.

Dapatkan Berita Pilihan
di WhatsApp Anda

Berita Populer

Berita Terkini