News

Bisnis

Super Skor

Sport

Seleb

Lifestyle

Travel

Lifestyle

Tribunners

Video

Tribunners

Kilas Kementerian

Images

Pesawat Intai TNI AU Deteksi Ratusan Kapal Pencuri Ikan di Laut Aru

Penulis: Wahyu Aji
Editor: Hasanudin Aco
AA

Text Sizes

Medium

Large

Larger

Salah satu gambar kapal illegal fishing yang menggunakan bendera merah putih sebagai penyamaran berhasil diambil dengan menggunakan pesawat intai Boeing 737 AI-7302 tanggal 8 Desember 2014 di laut Aru.

TRIBUNNEWS.COM, JAKARTA – Pesawat intai TNI AU Boeing 737 AI-7302 berhasil mendeteksi ratusan kapal illegal fishing (pencuri ikan) yang beraktivitas di Laut Aru, Senin (8/12/2014).

Kepala Dinas Penerangan TNI AU Marsekal Pertama Hadi Tjahjanto mengatakan, pesawat yang dilengkapi dengan kemampuan foto udara tersebut diterbangkan atas permintaan Kemenko Kemaritiman yang menduga banyaknya kegiatan illegal fishing di perairan tersebut.

"Boeing 737 diterbangkan ke sasaran dengan rute Merauke-Laut Arafuru Merauke dengan nama operasi Sayap Maleo 2014 dan berhasil merekam kegiatan kapal illegal fishing di perairan Laut Aru," kata Hadi dalam keterangan yang diterima, Selasa (9/12/2014).

Menurutnya, pesawat intai yang dipiloti oleh Kapten Pnb Hendro Sukadani tersebut menangkap objek ratusan kapal ukuran besar tengah melakukan aktivitas mencurigakan.
Setelah mengidentifikasi secara visual, terlihat bahwa kapal-kapal tersebut menggunakan bendera merah putih untuk menyamarkan identitasnya.

"Identifikasi dan hasil foto target kapal tersebut segera dilaporkan ke Kemenko Kemaritiman untuk tindakan selanjutnya," kata Hadi.

Dapatkan Berita Pilihan
di WhatsApp Anda

Berita Populer

Berita Terkini