News

Bisnis

Super Skor

Sport

Seleb

Lifestyle

Travel

Lifestyle

Tribunners

Video

Tribunners

Kilas Kementerian

Images

Ibadah Haji 2015

Arab Saudi Tak Lagi Rilis Foto Jenazah Korban Terbaru Mina

Penulis: Adi Suhendi
Editor: Y Gustaman
AA

Text Sizes

Medium

Large

Larger

Muhammad Bilal, seorang jamaah haji asal Bangladesh duduk di luar Rumah Sakit Mina Al-Jisr menunggu kabar keberadaan jasad istrinya.

Tak Ada Lagi Rilis Foto Jenazah Korban Mina Baru di Muashim

Laporan Wartawan Tribunnews.com, Adi Suhendi

TRIBUNNEWS.COM, ARAB SAUDI - Hampir dua pekan pascaperistiwa Mina belum seluruhnya jemaah haji korban meninggal teridentifikasi oleh otoritas Arab Saudi.

Saat ini, Pemerintah Arab Saudi tidak lagi merilis foto jenazah sehingga proses identifikasi korban langsung ke tempat penyimpanan dokumen.

“Untuk foto nampaknya muashim sudah tidak merilis lagi. Jadi kita saat ini langsung identifikasi ke dokumen-dokumen,” kata Kepala Daerah Kerja Mekah, Arsyad Hidayat, di kantor Daker Mekah, Senin (5/10/2015).

Mengingat umur jenazah sudah hampir dua pekan, Panitia Penyelenggara Ibadah Haji (PPIH) Arab Saudi sudah meminta pihak muashim untuk mengeluarkan dokumen sidik jari para korban.

“Itu akan lebih meyakinkan lagi karena di sana ditulis nama, asal negara, nomor visa, atau nomor iqomah atau nomor kedatangan WNI ke arab Saudi,” kata Arsyad.

Hingga berita ini diturunkan jumlah jemaah haji Indonesia meninggal akibat tragedi Mina sebanyak 100 orang, terdiri 95 jemaah haji Indonesia dan lima WNI sudah mukim di Arab Saudi.

Dari 2000 lebih file jemaah meninggal, sudah ada 1800 orang wafat yang dimakamkan pihak muashim.

“Terkait jemaah haji Indonesia yang dilaporkan masih belum kembali ke pemondokan hingga kini masih sebanyak 28 orang,” ucap Arsyad.

Dapatkan Berita Pilihan
di WhatsApp Anda

Berita Populer

Berita Terkini