News

Bisnis

Super Skor

Sport

Seleb

Lifestyle

Travel

Lifestyle

Tribunners

Video

Tribunners

Kilas Kementerian

Images

Ibadah Haji 2015

DVI Polri Usul Ada Data Antemortem Jemaah Sebelum Berangkat Haji

Penulis: Theresia Felisiani
Editor: Hasanudin Aco
AA

Text Sizes

Medium

Large

Larger

Ketua Tim Identifikasi korban Mina Letkol Jaetul Muchlis dan Naif Bahri sedang melakukan identifikasi file jenazah korban Crane

TRIBUNNEWS.COM, JAKARTA - Semua pihak berharap tragedi Mina yang mengakibatkan ratusan jamaah haji meninggal dunia tidak kembali terulang‎.

Direktur Eksekutif Disaster Victim Identification (DVI) Polri Kombes Anton Castilani menuturkan semua pihak harus bersiap-siap manakala hal yang tidak terduga seperti itu terjadi lagi.

Tim DVI Polri ke Arab Saudi ikut mengidentifikasi korban Mina.

Untuk memudahkan identifikasi, Anton mengusulkan pada pemerintah Arab Saudi maupun Indonesia, memiliki data base para calon haji sebelum mereka berangkat ke tanah suci.

“Sehingga ketika hal seperti ini terjadi, kita sudah punya data pembanding atau antemortem,” terang Anton, Kamis (15/10/2015) di Mabes Polri.

Lebih lanjut, Ketua Delegasi Tim DVI yang membantu identifikasi korban Mina di Saudi, Kombes dr. Masudi, menuturkan saat pertemuan dengan Ditjen Haji terkait evaluasi penyelenggaraan haji di Saudi, DVI sudah memberikan masukan soal itu.

"Diharapkan jamaah haji yang akan berangkat dilengkapi dengan data ante mortem. Data itu bisa berupa sidik jari, gigi, bahkan sampel darah," tegasnya.

Masudi menambahkan data-data itu sangat dibutuhkan apabila kejadian serupa kembali terjadi.

"Meskipun kita semua tidak menginginkan ada kejadian seperti ini, tapi tetap harus diantisipasi," ujarnya.

Dapatkan Berita Pilihan
di WhatsApp Anda

Berita Populer

Berita Terkini