News

Bisnis

Super Skor

Sport

Seleb

Lifestyle

Travel

Lifestyle

Tribunners

Video

Tribunners

Kilas Kementerian

Images

Seputar Kredit

Pinjaman Uang di Bank Disetujui, Pastikan Hal Berikut

AA

Text Sizes

Medium

Large

Larger

TRIBUNNEWS.COM - Tak selamanya kondisi keuangan cukup mumpuni untuk memenuhi kebutuhan-kebutuhan yang ada. Itu bisa jadi. Ada beberapa kebutuhan yang bisa jadi tidak bisa kita tutupi untuk saat itu.

Misalkan saja biaya renovasi rumah yang tiba-tiba diperlukan, biaya perawatan kesehatan, pendidikan dan sebagainya. Tak pelak pinjaman dana tunai jadi solusinya.

Namun, mengajukan pinjaman dana tunai juga bukan perkara mudah. Anda haruslah memenuhi beberapa persyaratan yang diajukan oleh pihak bank agar aplikasi disetujui.

Jika ingin disetujui, mari pastikan beberapa hal berikut:

Lakukan Proses BI Checking

Ada baiknya Anda lakukan proses BI checking terlebih dahulu untuk mengetahui skala penilaian kredit Anda selama ini. Melalui IDI Historis (Identification Debitur Individual), sistem tersebut akan menampilkan informasi skala penilaian kredit nasabah selama ini.

Jika Anda punya catatan buruk, wah, bisa jadi pinjaman tidak akan disetujui oleh pihak bank.

Terlalu Banyak Cicilan Kredit

Tidak hanya catatan buruk saja, meski Anda lancar melakukan pembayaran sekalipun namun jika terlalu banyak cicilan – bank akan benar-benar mempertimbangkan. Biasanya bank akan menetapkan batas cicilan hingga 60% dari penghasilan Anda.

Lagipula, lebih bijaksana untuk menyelesaikan terlebih dahulu cicilan Anda saat ini. Kemudian Anda bisa mengajukan kredit lagi jika diperlukan.

Persetujuan lebih mudah, Anda pun tidak terbebani membayar cicilan setiap bulannya.

Info terkait: 5 Pertimbangan Sebelum Ajukan Pinjaman Lebaran

Pastikan Memenuhi Syarat

Yap! Tentu saja pastikan Anda memang benar-benar memenuhi syarat yang diminta oleh bank. Sebagai contoh program KTA punya ketentuan minimal gaji sekian, berpenghasilan tetap dan punya pekerjaan tetap sekian tahun.

Ada pula yang lebih memudahkan para pemegang kartu kredit untuk mengajukan pinjaman. Kemudian tentu saja Anda akan diminta untuk melengkapi dokumen-dokumen pendukung untuk verifikasi data yang Anda tuliskan sudah benar atau tidak.

Nah, semua syarat ini haruslah Anda penuhi jika ingin mendapatkan pinjaman uang berupa dana tunai di bank disetujui. Jika ada salah satu persyaratan yang tak bisa dipenuhi, bank biasanya tidak akan berkompromi.

Tak hanya soal persyaratan, nominal pinjaman yang Anda ajukan pun biasanya jadi pertimbangan pihak bank.

Akan tetapi, sebagai informasi saja, jika pun salah satu bank menolak menyetujui aplikasi pengajuan kredit dari Anda, itu bukan berarti bank akan berlaku sama.

Perlu diketahui, setiap bank punya ketentuan dan aturan masing-masing. Jadi, jika ditolak di salah satu bank, Anda bisa pertimbangkan bank lainnya yang menerapkan syarat yang lebih mudah dan sesuai dengan kemampuan Anda.

Coba lakukan riset satu demi per satu bank mana yang punya persyaratan kredit yang sesuai dengan Anda.

Dengan begitu, kemungkinan persetujuan kredit yang Anda ajukan akan lebih berpeluang!

Artikel lainnya: Bisakah Deposito Uang dari Hasil Pinjaman Bank? 
(advertorial) 

Dapatkan Berita Pilihan
di WhatsApp Anda

Berita Populer

Berita Terkini