News

Bisnis

Super Skor

Sport

Seleb

Lifestyle

Travel

Lifestyle

Tribunners

Video

Tribunners

Kilas Kementerian

Images

WNI Disandera Abu Sayyaf

Kemenlu Usahakan Empat WNI Sandera Abu Sayyaf Diterbangkan Sore Ini ke Jakarta

Penulis: Amriyono Prakoso
Editor: Adi Suhendi
AA

Text Sizes

Medium

Large

Larger

Asisten Operasi Lantamal XIII Tarakan Kolonel Djamaluddin bersama perwakilan PT Global Trans Energy International sebagai pemilik TB Henry dan Tongkang Christi melakukan serah terima dokumen penyerahan ABK yang sempat menjadi korban kejahatan Abu Sayyaf di Perairan Filipina, Sabtu (23/4/2016).

Laporan Wartawan Tribunnews.com, Amriyono Prakoso

TRIBUNNEWS.COM, JAKARTA - Kementerian Luar Negeri RI sedang mengusahakan agar keempat WNI yang bebas dari penyaderaaan kelompok Abu Sayyaf segera diboyong ke Jakarta.

"Kami masih belum tahu. Tapi kami upayakan sore ini atau besok bisa sampai ke Jakarta. Mungkin turun di Halim," ujarnya Juru Bicara Kemenlu RI, Armanatha C Nasi, di Jakarta, Kamis (12/5/2016).

Dia mengatakan bahwa proses pemulangan masih tergantung dari waktu yang ditempuh KRI yang menjemput sandera di tengah laut mencapai Tarakan.

Sesampainya di Jakarta, akan dilakukan serah terima di Kantor Kementerian Luar Negeri.

"Karena kita punya direktur perlindungan warga negara Indonesia, biasanya serah terima di Kantor Kemenlu kepada keluarga," katanya.

Informasi yang dihimpun, keempat WNI dibawa kapal militer Filipina, RV, dan diserahkan di atas KRI SBY, di perbatasan perairan kedua negara atau beberapa mil dari Pulau Pata.

Serah terima keempat WNI oleh perwakilan kedua negara dilakukan, Kamis (12/5/2016) menjelang siang.

Setelah melakukan perjalanan sekitar enam jam, keempat WNI akan dibawa dengan helikopter TNI AL ke Lanud Tarakan, Kalimantan Utara.

Setiba di Tarakan, mereka akan dibawa dengan Boeing 737 menuju Lanud Halim Perdanakusuma, Jakarta.

Dapatkan Berita Pilihan
di WhatsApp Anda

Berita Populer

Berita Terkini