News

Bisnis

Super Skor

Sport

Seleb

Lifestyle

Travel

Lifestyle

Tribunners

Video

Tribunners

Kilas Kementerian

Images

NasDem Setuju Partai Politik Dibiayai APBN

Penulis: Amriyono Prakoso
Editor: Hasanudin Aco
AA

Text Sizes

Medium

Large

Larger

Wakil Ketua Fraksi Partai Nasdem Jhonni Plate

TRIBUNNEWS.COM, JAKARTA - Wakil Ketua Fraksi Partai NasDem DPR RI, Johnny G Plate setuju dengan usulan untuk menambah dana partai politik yang bersumber dari APBN.

"Dalam rangka modernisasi parpol maka kita membutuhkan langkah perbaikan-perbaikan di dalam internal parpol salah satu menjadi kendala besar yaitu pembiayaan parpol," ujarJohnny saat ditemui di Kantor BPK RI, Jakarta, Senin (25/7/2016).

Dia menjelaskan setiap AD/ART partai politik pasti sudah mengatur tata cara pembiayaan, tapi hal itu sulit karena selalu dikaitkan banyaknya sponsor di luar parpol dan mempengaruhi kebijakan di dalam partai.

"Untuk menghindari itu, dalam rangka meningkatkan kualitas parpol maka salah satu caranya pembiayaan partai politik itu melalui APBN," tambahnya.

Namun apabila itu dilaksanakan, Johnny menyampaikan ada beberapa hal yang harus diperhatikan setiap partai, yaitu tata kelola pembiayaan parpol, dan pertanggungjawabannya.

Saat ini, menurutnya, sudah ada pembiayaan partai dari tingkat nasional, provinsi, dan kabupaten, tapi hal itu sangat terbatas dan tidak cukup agar partai itu bisa mandiri dan modern.

"Saya kira partai NasDem menyambut baik segala perbaikan untuk meningkatkan kualitas parpol dan demokrasi Indonesia," kata Johnny.

Dapatkan Berita Pilihan
di WhatsApp Anda

Berita Populer

Berita Terkini