News

Bisnis

Super Skor

Sport

Seleb

Lifestyle

Travel

Lifestyle

Tribunners

Video

Tribunners

Kilas Kementerian

Images

Kata Jokowi, Masih Banyak Daerah yang Tidak Ramah Budaya

Penulis: Imanuel Nicolas Manafe
Editor: Hasanudin Aco
AA

Text Sizes

Medium

Large

Larger

Presiden Joko Widodo memberikan keterangan pers di Galeri Nasional Indonesia, Jakarta, Selasa (23/8/2016).

TRIBUNNEWS.COM, JAKARTA - Di hadapan para budayawan, Presiden Joko Widodo mengungkapkan bahwa masih ada beberapa daerah di Indonesia yang tidak ramah terhadap wawasan kebudayaan.

Menurut Jokowi, kurangnya wawasan budaya di beberapa daerah tersebut karena tidak ada infrastruktur sebagai wadah budaya yang memadai.

"Ya karena tidak ada infrastruktur budaya di sana. Tidak ada taman budaya misalnya, tidak ada pusat kebudayaannya di mana. Tidak ada ruang budaya di mana," ujar Presiden di Galeri Nasional Indonesia, Jakarta, Selasa (23/8/2016).

Jokowi mengatakan, banyak masukan yang disampaikan oleh para budayawan dalam pertemuan sore ini, diantaranya bagaimana mengembangkan infrastruktur budaya di kota maupun di desa, dalam rangka memelihara budaya itu sendiri.

"Ini untuk menumbuhkan kembali kesusastraan kita, kemudian menghayatkan kembali diplomasi budaya kita, membangun pusat kebudayaan tapi tidak di wilayah urban tetapi juga si desa sehingga muncul pusat kebudayaan tak hanya di kota tetapi juga di daerah. Saya kira banyak sekali nanti kebijakan makro kebudayaan kita dalam rangka proses pembudayaan manusia," kata Presiden.

Dapatkan Berita Pilihan
di WhatsApp Anda

Berita Populer

Berita Terkini