News

Bisnis

Super Skor

Sport

Seleb

Lifestyle

Travel

Lifestyle

Tribunners

Video

Tribunners

Kilas Kementerian

Images

BJ Habibie Minta Iluni UI Bersinergi dengan Alumni PTN Lain Tingkatkan Kualitas SDM Indonesia

Editor: Hendra Gunawan
AA

Text Sizes

Medium

Large

Larger

BJ Habibie

TRIBUNNEWS.COM, JAKARTA -- Mantan Presiden ke-3 Republik indonesia yang Juga pakar pesawat terbang dunia BJ Habibie meminta para lulusan Universitas Indonesia yang tergabung dalam Kepengurusan ILUNI UI (Alumni UI)meningkatkan sinergi dengan alumni perguruan tinggi negeri lain yang sebelumnya merupakan bagian dari UI untuk memfokuskan kegiatannya di bidang peningkatan kualitas sumber daya manusia Indonesia. Alasannya, kemajuan suatu bangsa ditentukan oleh sumberdaya manusia yang berkualitas bukan oleh sumber daya alamnya.

Permintaan BJ Habibie tersebut disampaikan dalam silaturahim dan diskusi dengan perwakilan jajaran pengurus ILUNI UI periode 2016-2019 dipimpin ketua umumnya Arief Budhy Hardono, kemarin di kediaman mantan Presiden BJ Habibie di kawasan Patra Kuningan Jakarta Selatan.

"ILUNI UI merupakan satu satunya organisasi intelektual yang memiliki banyak jaringan. Sebab perguruan tinggi negeri yang hebat lainnya dulu merupakan bagian dari UI. Karena itu ILUNI UI harus bersinergi dengan alumni perguruan tinggi negeri lainnya dalam meningkatkan kualitas sumber daya manusia Indonesia. Masa depan bangsa Indonesia harus mengandalkan sumber daya manusia yang berkualitas. Bukan lagi sumber daya alam," papar Ketua ILUNI UI bidang Komunikasi Eman Sulaeman Nasim menirukan pesan Habibie dalam rilisnya.

Mantan Menteri Riset dan Teknologi BJ Habibie, menyebutkan beberapa perguruan tinggi negeri (PTN) yang sebelumnya merupakan bagian dari UI adalah Institut Teknologi Bandung (ITB) sebelumnya bernama Fakultas Teknik UI, Institut Petanian Bogor (IPB) sebelumnya bernama Fakultas Pertanian dan Fakuktas Kedokteran Hewan UI, Universitas Hasanudin (Unhas) Makasar sebelumnya merupakan Fakultas Ekonomi UI dan universitas Airlangga (Unair) Surabaya sebelumnya bernama Fakultas Kedokteran Gigi UI.

Habibie sendiri mengaku dirinya dulu kuliah di Fakultas Teknik Universitas Indonesia di Bandung yang sekarang bernama ITB .Dia juga mengaku selama hidupnya hanya memiliki 2 kartu mahasiswa.UI dan Archen.Di UI Habibie kuliah selama 6 bulan sebelum melanjutkan kuliahnya di Archen Jerman.

"Misi ILUNI UI adalah mensukseskan semua program yang mengembangkan sumber daya manusia di semua bidang. Baik bidang tekonologi, kedokteran, keuangan, manajemen maupun komunikasi atau bidang lainnya. Anda harus berkonsentrasi untuk menghasilkan manusia-manusia yang berdaya unggul. ILUNI UI harus menjadi ujung tombak untuk memgembangkan sumberdaya manusia yang berkualitas,"pinta Habibie.

Dapatkan Berita Pilihan
di WhatsApp Anda

Berita Populer

Berita Terkini