News

Bisnis

Super Skor

Sport

Seleb

Lifestyle

Travel

Lifestyle

Tribunners

Video

Tribunners

Kilas Kementerian

Images

Masyarakat Hanya Bahan Uji Coba Kebijakan Pemerintah yang Tidak Matang

Penulis: Imanuel Nicolas Manafe
Editor: Johnson Simanjuntak
AA

Text Sizes

Medium

Large

Larger

Muhadjir Effendi

TRIBUNNEWS.COM, JAKARTA - Pemerhati pendidikan Budi Setiawan menanggapi adanya rencana penghapusan Ujian Nasional oleh Kementerian Pendidikan dan Kebudayaan.

Menurut Budi Setiawan, posisi masyarakat hanya sebagai objek atau bahan uji coba Pemerintah dalam menjajal kebijakan guna meningkatkan kualitas pendidikan.

"Nampak jelas karena kita sebagai orangua jadi makin jelas bagi kita bahwa kita ini murid dan orangtua tidak lebih dari sekedar objek pengubahan kebijakan yang tidak matang," ujar Budi Setiawan dalam acara Persepektif Indonesia yang digelar oleh Smart FM bersama Populi Center di kawasan Menteng, Jakarta, Sabtu (3/12/2016).

Budi Setiawan mengambil contoh kebijakan pemerintah yang tidak matang, yakni kebijakan full day school di era Menteri Pendidikan dan Kebudayaan Muhadjir Effendi.

"Saya tidak tahu kenapa diantara para menteri selalu ada kebijakan yang mengejutkan sekarang ini ada kebijakan full day school terus tiba-tiba tidak ada lagi," ucap Budi Setiawan.

"Kita diajak debat di publik, tapi tidak dapat apa-apa, kecuali apa yang sudah dititahkan oleh Kemendikbud," tutur Budi Setiawan.

Dapatkan Berita Pilihan
di WhatsApp Anda

Berita Populer

Berita Terkini