News

Bisnis

Super Skor

Sport

Seleb

Lifestyle

Travel

Lifestyle

Tribunners

Video

Tribunners

Kilas Kementerian

Images

Aksi Petani Kendeng

Kartini Kendeng: Tanpa Pabrik Semen Pun Kita Sudah Sejahtera

Penulis: Rizal Bomantama
Editor: Adi Suhendi
AA

Text Sizes

Medium

Large

Larger

Komnas Perempuan menyerahkan hasil investigasi dampak negatif pembangunan pabrik semen di Pegunungan Kendeng kepada warga perempuan Kendeng sebagai peringatan Hari Kartini di Kantor Komnas Perempuan, Menteng, Jakarta Pusat, Jumat (21/4/2017).

Laporan Wartawan Tribunnews.com, Rizal Bomantama

TRIBUNNEWS.COM, JAKARTA - Beban kehidupan terlihat dari raut wajah sedih Sukinah (37) dan Giyem (33).

Kedua petani asal Pati dan Rembang ini menghadiri undangan peringatan Hari Kartini sederhana di Kantor Komnas Perempuan, Menteng, Jakarta Pusat, Jumat (21/4/2017) sore.

Gestur tubuh mereka nampak kaku saat mendampingi pimpinan Komnas Perempuan mempresentasikan adanya dugaan pelanggaran HAM akibat pembangunan serta aktifitas penambangan di Pegunungan Kendeng, Rembang.

Keduanya juga tampak malu-malu saat memberi gambaran mengenai kondisi perempuan di lokasi yang mereka sebut tanah tumpah darah Kartini.

Mengenakan pakaian khas adat pedesaan di Pati dan Rembang, kini mereka yang terbiasa bertani harus berjibaku melawan kerusakan alam.

Komisioner Komnas Perempuan, Adriana Veny Aryani menjelaskan perempuan yang turut menjadi pejuang Kendeng adalah refleksi visioner RA Kartini.

Mereka meminta kembali hak asasi manusia yang melekat pada warga negara, termasuk kaum perempuan.

"Bagi warga Kendeng, alam yang asri tanpa industri adalah penopang hidup utama," katanya.

Kata dia, warga akan merasa dihilangkan hak hidupnya saat Pegunungan Kendeng sebagai sumber air utama diubah menjadi kawasan industri.

"Bagi mereka tanah pertanian dan keasrian alam di Kendeng lebih baik daripada kemajuan ekonomi yang dijanjikan pemerintah lewat pabrik semen," ucapnya.

Sukinah dan Giyem sendiri mengucapkan terima kasih kepada lembaga Komnas Perempuan dan awak media yang terus memberikan perhatian terhadap kasus di Pegunungan Kendeng.

Giyem mengatakan pemerintah harus merasakan menjadi masyarakat yang terpinggirkan dan tidak didengarkan hak-haknya.

"Tanpa pabrik semen pun kita sudah sejahtera. Ada pabrik semen justru menghancurkan segala lini kehidupan kami," ungkapnya.

Komnas Perempuan melalui presentasi tersebut juga mengingatkan negara untuk konsisten dan mewujudkan spirit RA Kartini untuk menentang pemiskinan dan merawat tanah air.

"Melihat perjuangan perempuan Kendeng pemerintah harus lah menghargai upaya mereka selama ini untuk menyelamatkan bumi dengan menghentikan seluruh kegiatan eksplorasi yang bisa merusak keasrian alam Pegunungan Kendeng," kata Veny.

Peringatan itu diakhiri dengan penyerahan laporan investigas Komnas Perempuan kepada warga Kendeng mengenai efek negatif pembangunan pabrik semen di Pegunungan Kendeng kepada perempuan.

Dapatkan Berita Pilihan
di WhatsApp Anda

Berita Populer

Berita Terkini