News

Bisnis

Super Skor

Sport

Seleb

Lifestyle

Travel

Lifestyle

Tribunners

Video

Tribunners

Kilas Kementerian

Images

Suap di Kementerian Perhubungan

Lima Bulan Lalu Tonny Makamkan Jenazah Istrinya di San Diego Hills, Warga: Uang dari Mana Dia?

Penulis: Glery Lazuardi
Editor: Dewi Agustina
AA

Text Sizes

Medium

Large

Larger

Dirjen Perhubungan Laut (Hubla) Kemenhub Antonius Tonny Budiono keluar dari gedung KPK Jakarta memakai rompi tahanan usai menjalani pemeriksaan, Jumat (25/8/2017). Antonius Tonny Budiono ditahan KPK terkait kasus suap tender pemenangan pengerukan Pelabuhan Tanjung Mas Semarang. TRIBUNNEWS/HERUDIN

TRIBUNNEWS.COM, JAKARTA - Komisi Pemberantasan Korupsi (KPK) menangkap tangan Direktur Jenderal Hubungan Laut Kementerian Perhubungan, Antonius Tonny Budiono alias ATB, Rabu (23/8/2017) sekitar pukul 22.00 WIB.

Berdasarkan informasi yang dihimpun, ATB diamankan di kawasan Gunung Sahari, Jakarta Pusat, atau dekat dengan kediamannya di kompleks Mess Perwira Bahtera Suaka Blok B 1-2, Jalan Gunung Sahari Raya Nomor 65 Jakarta Pusat.

Suasana saat penangkapan itu sepi sehingga warga tidak mengetahui hal tersebut. Namun pada pagi hari, di rumah dinas milik ATB sudah ada pita garis berwarna merah di pintu rumah tanda disegel.

"Malam kejadiannya. Orang sudah pada tidur," tutur salah seorang warga ditemui di kompleks Mess Perwira Bahtera Suaka, kepada wartawan, Kamis (24/8/2017).

Pantauan Tribunnews, mess Perwira Bahtera Suaka berukuran kecil, lebar sekitar empat meter dan panjang lima meter.

Perumahan dinas itu tidak ada penjagaan. Warga luar lingkungan pun dapat masuk keluar area yang berada di pinggir jalan tanpa ada penjagaan. Penampakan tempat tinggal itu mirip rumah susun.

Baca: Selama 7 Bulan Tonny Tidur di Mess Sederhana Bersama Uang Cash Rp18,9 Miliar

Andre (54), seorang warga, mengaku ATB sudah tinggal di tempat itu sejak tahun 1985 atau pada saat awal bekerja di Kementerian Perhubungan.

Selama puluhan tahun mengenal ATB, dia menilai, tetangganya itu merupakan sosok yang ramah dan dermawan.

Bahkan, pernah di satu kesempatan, kata dia, ATB, memberikan bantuan secara cuma-cuma kepada pedagang asongan sebesar Rp 1,5 juta. Selain itu, setiap membeli makanan di penjaja makanan, dia selalu melebihkan uang.

"Saya kenal baik sama dia dan istrinya. Dia low profile. Tukang dagang rokok pakai dorongan sudah bangkrut diberikan bantuan Rp 1,5 Juta," kata Andre.

Dia menjelaskan, ATB terkadang menempati rumah dinas itu supaya lebih dekat ke kantor Kemenhub yang berada di Jalan Medan Merdeka Barat Nomor 8, Gambir, Jakarta Pusat.

Wakil Ketua KPK Basaria Panjaitan bersama penyidik KPK menunjukkan barang bukti hasil operasi tangkap tangan (OTT) kasus dugaan suap Dirjen Perhubungan Laut (Hubla) Kemenhub, di kantor KPK, Jakarta, Kamis (24/8/2017). KPK menetapkan dua orang tersangka dalam OTT Dirjen Hubla Kemenhub yaitu Dirjen Hubla Antonius Tonny Budiono dan Komisaris PT Adhi Guna Keruktama Adiputra Kurniawan serta uang senilai Rp 20,74 miliar terkait perizinan sejumlah proyek di DItjen Hubla. WARTAKOTA/HENRY LOPULALAN) (Warta Kota/Henry Lopulalan)

Untuk sampai ke kantor, dia lebih sering menggunakan kendaraan umum, seperti taksi, daripada menggunakan kendaraan dinas, seperti mobil Toyota Camry atau mobil pribadi, Jeep.

Namun, lima bulan belakangan, setelah istrinya, Sri Laksmani, meninggal dunia karena sakit, ayah dua orang anak itu terlihat murung.

Halaman
12
Dapatkan Berita Pilihan
di WhatsApp Anda

Berita Populer

Berita Terkini