News

Bisnis

Super Skor

Sport

Seleb

Lifestyle

Travel

Lifestyle

Tribunners

Video

Tribunners

Kilas Kementerian

Images

Andrinof: Pembangunan Jangan Hanya Fokus Kejar Pertumbuhan

Editor: Hasanudin Aco
AA

Text Sizes

Medium

Large

Larger

Mantan Menteri PPN dan Kepala Bappenas Andrinof A Chaniago pada peluncuran bukunya Evolusi Mimpi Menata Indonesia di Jakarta, Sabtu (4/11/2017).

TRIBUNNEWS.COM, JAKARTA - Pembangunan jangan hanya mengejar pertumbuhan ekonomi.

Hal itu diungkapkan oleh Andrinof A Chaniago saat peluncuran buku "Evolusi Mimpi Menata Indonesia" di Rumah Perubahan Rhenald Kasali, Jakarta, Sabtu (4/11/2017).

Menurut mantan menteri PPN dan Kepala Bappenas ini, membangun Indonesia jangan lagi terjebak mengejar pertumbuhan sebelum menata Indonesia.

"Menata Indonesia, antara lain memperkuat lapisan masyarakat yang masih lemah, menyebarkan pusat-pusat pertumbuhan, dan memulihkan keseimbangan ekosistem," katanya.

Indonesia yang tertata itu, menurut dia, akan menjadi modal untuk menciptakan pertumbuhan kesejahteraan yang berkelanjutan.

Untuk itulah penting kiranya untuk menciptakan keseimbangan antarkelas sosial, antarwilayah, antar sektor, dan antar unsur ekosistem.

"Jika sudah tercipta keseimbangan itu maka akan menjadi landasan kokoh untuk meraih pertumbuhan ekonomi yang berkualitas," katanya.

Selain itu, menurutnya, ekonomi akan tumbuh di atas alas yang kuat yaitu alas sosial, wilayah, dan sektor-sektor prioritas seperti pangan, energi, industri, maritim, dan sebagainya.

Dalam acara ini turut dihadiri oleh tokoh dan pejabat di pemerintahan, diantaranya Cornelis MH Gubernur Kalimantan Barat, tokoh dan aktivis Fajroel Rahman, anggota DPR RI, Mutia Hafidz.

Dapatkan Berita Pilihan
di WhatsApp Anda

Berita Populer

Berita Terkini