News

Bisnis

Super Skor

Sport

Seleb

Lifestyle

Travel

Lifestyle

Tribunners

Video

Tribunners

Kilas Kementerian

Images

Bencana Longsor

Situasi Terakhir Banjir dan Longsor di Jawa Barat dan Jawa Tengah

Editor: Nurmulia Rekso Purnomo
AA

Text Sizes

Medium

Large

Larger

TRIBUN-VIDEO.COM -  Banjir dan longsor terjadi di sejumlah tempat di Jawa Tengah dan di Jawa Barat beberapa hari terakhir.

Kepala Pusat Data, Informasi dan Humas Badan Nasional Penanggulangan Bencana (BNPB), Sutopo Purwo Nugroho,  mengatakan sampai saat ini pencaraian,  penyelamatan dan evakuasi korban longsor di Desa Pasir Panjang, Kecamatan Salem Kabupaten Brebes masih dilakukan.

"Pencarian sulit dilakukan, karena medan yang berat," ujarn Sutopo Purwo Nugroho dalam siaran persnya.

Sementara di wilayah utara Brebes dilanda banjir, di Kecamatan Losari banjir masih merendam ribuan rumah. Banjir terjadi akibat luapan Sungai Cisanggarung dan sebagian tanggul jebol.

Hingga saat ini dampak longsor di Brebes tercatat tujuh orang meninggal dunia, 13 orang hilang dan lima orang masih dirawat di rumah sakit.

Sekitar 600 personil tim SAR gabungan masih berada di lokasi longsor, untuk mencari korban yang masih hilang.

Di tempat lain, gerakan tanah atau longsor masih berlangsung di empat Kecamatan di Kabupaten Wonogiri Jawa Tengah.

Sebanyak 98 KK atau 358 jiwa, terancam longsor. Tercatat sebanyak 407 orang sudah mengungsi ke tenda pengungsian, rumah saudaranya, dan gedung pertemuan desa.

Empat kecamatan yang terancam longsor adalah:  Kecamatan Purwantoro Desa Sumber Dusun Sumber dan Dusun Galih, longsor mengancam 28 KK 88 jiwa, Kecamatan Kismantoro Desa Gedawung, Kecamatan Karang Tengah, Kecamatan Manyaran 

Banjir besar juga melanda wilayah di Kabupaten Cirebon pada Jumat (23/2) siang.

Banjir di wilayah tersebut melanda sembilan kecamatan, yaitu Kecamatan Losari, Waled, Gebang, Ciledug, Pasaleman, Pabedilan, dan Plumbon.

Ketinggian air banjir sekitar 100 - 200 sentimeter. Banir tersebut merendam sekitar 20.000. Banjir juga menyebabkan jalur keretapi lumpuh total.


Jalur kereta DAOP 3 Cirebon lumpuh total, tepatnya jalur tengah antara Stasiun Ciledug-Ketanggungan mengarah ke Purwokerto dan Stasiun Tanjung-Losari arah Tegal.

Banjir juga melanda sejumlah wilayah di Kabupaten Kuningan Provinsi Jawa Barat sejak Rabu (21/2/2018) pukul 14.00 WIB.

Halaman
12
Dapatkan Berita Pilihan
di WhatsApp Anda

Berita Populer

Berita Terkini