News

Bisnis

Super Skor

Sport

Seleb

Lifestyle

Travel

Lifestyle

Tribunners

Video

Tribunners

Kilas Kementerian

Images

Presidium 212 Jumpa Pers Soal Foto Jokowi, Persaudaraan Alumni 212: Mereka Bukan Bagian Kami

Penulis: Dennis Destryawan
Editor: Johnson Simanjuntak
AA

Text Sizes

Medium

Large

Larger

Jokowi Jelaskan Pertemuan dengan Persaudaraan Alumi 212 di Masjid Bogor

TRIBUNNEWS.COM, JAKARTA - Persaudaraan Alumni 212 menggelar konferensi pers mengenai foto pertemuan dengan Presiden Joko Widodo.

Juru Bicara Persaudaraan Alumni 212, Novel Bamukmin menerangkan, terdapat konferensi pers tandingan yang disebar Ketua Presidium Alumni 212 Hasri Harahap.

Persaudaraan Alumni 212 mau pun Presidium Alumni 212 menggelar konferenai terkait hal yang sama, yakni pertemuan alumni 212 dengan Presiden Joko Widodo di Istana Bogor, Jawa Barat, Minggu (22/4/2018).

"Kami dari Persaudaraan Alumni 212 menghimbau agar mengabaikan Undangan liputan selain atas nama Persaudaraan Alumni 212 yang berkenaan pertemuan dengan Presiden," ujar Novel melalui keterangan tertulisnya, Rabu (25/4/2018).

Menurutnya, undangan dari Presidium Alumni 212 itu, sudah tersebar di kalangan wartawan. Namun, ucap Novel, Presidium Alumni 212 bukan lah bagian dari Persaudaraan Alumni 212.

"Mereka bukan bagian dari Persaudaraan Alumni 212 yang resmi mewakili Alumni 212 dan apa yang mereka sampaikan di luar tanggung jawab kami," ujar Novel.

Sebelumnya, tersebar foto pertemuan antara Jokowi dengan tim 11 Alumni 212 atau petinggi dari Persaudaraan Alumni 212, Gerakan Nasional Pengawal Fatwa Ulama, serta Front Pembela Islam.

Pertemuan keduanya pun dibenarkan oleh Presiden Jokowi.

Pertemuan rahasia yang belakangan bocor ke publik itu dilakukan di Istana Bogor pada Minggu (22/4/2018). Jokowi mengatakan, ia memang hampir setiap hari bertemu dengan para ulama. Terkadang ia yang berkunjung ke pondok pesantren, tetapi tak jarang juga para ulama yang datang menemui dirinya di Istana.

"Hampir setiap hari, hampir setiap minggu," kata Jokowi kepada wartawan di Jakarta, Rabu (25/4/2018).

Jokowi mengatakan, pertemuan-pertemuan tersebut bertujuan menjalin tali silaturahim dengan para ulama, kiai, dan ustaz dari seluruh provinsi yang ada di Tanah Air. Selain itu, pertemuan dengan ulama juga bertujuan menjalin persaudaraan dalam rangka menjaga persatuan.

"Sehingga kita harapkan dengan tersambungnya silaturahim, dengan beriringnya antara ulama dan umara, kita dapat menyelesaikan banyak masalah, banyak problem, persoalan-persoalan yang ada di umat, di masyarakat," kata Jokowi.

"Pertemuan kemarin secara garis besar arahnya pembicaraannya ada di situ."

Namun, saat ditanya apakah pemerintah akan mengabulkan tuntutan alumni 212 agar ulama mereka yang saat ini terjerat kasus hukum dibebaskan, Jokowi tidak menjawab. Ia justru menjelaskan rangkaian pertemuan dengan alumni 212 dan langsung menyudahi sesi wawancara.

"Diawali kemarin dengan salat Dzuhur bersama, kemudian makan siang bersama, kemudian selesai, terima kasih," pungkas Jokowi.

Dapatkan Berita Pilihan
di WhatsApp Anda

Berita Populer

Berita Terkini