News

Bisnis

Super Skor

Sport

Seleb

Lifestyle

Travel

Lifestyle

Tribunners

Video

Tribunners

Kilas Kementerian

Images

ILUNI UI Berikan Penghargaan kepada 10 Aktivis Mahasiswa UI Berprestasi

Penulis: Hendra Gunawan
AA

Text Sizes

Medium

Large

Larger

TRIBUNNEWS.COM, JAKARTA -- Mahasiswa yang berprestasi adalah mahasiswa yang tidak hanya sukses memenuhi tanggungjawab akademis tapi juga peduli dan kritis terhadap permasalahan yang ada di masyarakat, bangsa dan negara serta menghasilkan karya nyata yang berdampak positif bagi masyarakat.

Bukan mahasiswa yang hanya tekun dan hanya mengejar nilai tinggi untuk cepat selesai kuliah. Serta tidak peduli pada permasalahan di sekitarnya.

“Mahasiswa berprestasi adalah para aktifis kampus yang bersikap kritis terhadap persoalan kampus, masyarakat bangsa dan negara serta menghasilkan karya nyata yang bermafaat bagi masyarakat. Bukan mahasiswa yang hanya kuliah saja dan alergi terhadap organisasi intra dan ekstra kampus. Kuliah hanya mengejar nilai tinggi dan cepat selesai tapi tidak peduli terhadap permasalahan-permasalahan yang ada di masyarakat dan negara,” ujar Ketua ILUNI UI Ahmad Fathul Bari.

Menurutnya, Pengurus ILUNI UI bekerjasama dengan BEM UI menyelenggarakan pemilihan mahasiswa berprestasi tingkat universitas. Kriteria yang dipilih sebagai mahasiswa berprestasi dalam pengertian lebih komprehensif yakni mahasiswa yang kritis, dan cerdas , juga kreatif serta inovatif, yang dibuktikan dengan nilai akademik di atas rata-rata serta karya nyata yang telah dihasilkan yang bermanfaat bagi masyarakat.

“Sebagai salah satu Universitas terbaik di Indonesia, kami ingin menghadirkan bentuk penghargaan yang lain terhadap para kaum muda, khususnya mahasiswa UI yang bukan hanya memiliki prestasi akademik serta catatan track record sebagai aktivis, tetapi juga memiliki karya yang berdampak terhadap perubahan sosial masyarakat dan bangsa ini", tambahnya.

Ketua Umum ILUNI UI Arief Budhy Hardono menjelaskan, UI Excellent Award ini adalah salah satu bentuk kegiatan ILUNI UI yang juga berorientasi bakti pada almamater. ILUNI UI menyadari bahwa daya saing para alumni UI setelah lulus bukan saja ditentukan oleh prestasi akademis tapi juga prestasi lain yang berhubungan dengan kepedulian terhadap dinamika dan persoalan yang ada di Kampus maupun masyarakat.

“Ini adalah salah satu bentuk apresiasi kami kepada mahasiswa yang bukan hanya bisa berprestasi secara akademis, tapi juga bisa memberikan kontribusi konkret sebagai bagian dari Tri Dharma perguruan tinggi,” papar Ketua Umum ILUNI UI Arief Budhy Hardono.

Dapatkan Berita Pilihan
di WhatsApp Anda

Berita Populer

Berita Terkini