News

Bisnis

Super Skor

Sport

Seleb

Lifestyle

Travel

Lifestyle

Tribunners

Video

Tribunners

Kilas Kementerian

Images

Senin Ini Pendaftaran Ditutup, Jumlah Pelamar CPNS Capai 4 Juta

Editor: Hasanudin Aco
AA

Text Sizes

Medium

Large

Larger

Daftar lokasi tes CPNS 2018

TRIBUNNEWS.COM, JAKARTA - Pendaftaran calon pegawai negeri sipil atau CPNS 2018 ditutup hari ini, Senin (15/10/2018), pukul 23.59 WIB. Pendaftaran CPNS kali ini tidak dilaksanakan secara mandiri oleh instansi, melainkan terpusat menjadi satu secara nasional melalui situs Badan Kepegawaian Negara ( BKN), sscn.bkn.go.id.

Berdasarkan informasi dari BKN per pukul 16.00 WIB, total akun pelamar di SSCN lebih dari 4 juta orang.

Sementara, jumlah pelamar yang telah selesai melakukan pendaftaran sebanyak lebih dari 3 juta orang.

Kemungkinan jumlah ini masih dapat bertambah, karena penutupan pendaftaran secara online masih dilaksanakan hingga pukul 23.59 WIB mendatang.

Baca: BKN Tegaskan Tak Terima Konsultasi Helpdesk sscn.bkn.go.id di Hari Terakhir Pendaftaran CPNS 2018

Padahal, pemerintah melalui Kementerian Pendayagunaan Aparatur Negara dan Reformasi Birokrasi (KemenpanRB) mengumumkan hanya membuka sebanyak 238.015 formasi di CPNS kali ini.

Dari perbandingan total pelamar dengan alokasi yang disediakan, memperlihatkan persaingan untuk mendapatkan tempat di CPNS kali ini akan berlangsung ketat.

Secara umum masing-masing kementerian/lembaga/daerah yang membuka lowongan di CPNS 2018, menyediakan alokasi dari beberapa formasi, seperti umum, lulusan terbaik (cumlaude), penyandang disabilitas, putra/putri Papua dan Papua Barat, diaspora, atlet berprestasi Internasional, serta honorer K2.

Lalu, bagaimana rincian per formasinya?

Berikut ulasannya:

1. Formasi umum Sebanyak 4.338.661 orang telah mendaftarkan akun SSCN dari formasi umum. Namun, belum semuanya total akun tersebut menyelesaikan proses pendaftaran.

Dari data yang ada, sebanyak 3.434.712 orang melakukan proses pendaftaran hingga selesai.

2. Formasi Penyandang Disabilitas Pelamar yang telah mendaftarkan akun dari formasi penyandang disabilitas sebanyak 2.645 orang. Dari total tersebut, jumlah pelamar yang telah menyelesaikan proses pendaftaran sebanyak 1.559 orang.

3. Formasi Putra/Putri Papua Jumlah akun pelamar dari formasi putra/putri Papua dan Papua sebanyak 5.882 orang.

Namun, sekitar 2.000 pelamar dari formasi ini belum menyelesaikan proses pendaftaran. Sebanyak 3.198 orang yang telah menyelesaikan proses pendaftaran dari formasi putra/putri Papua dan Papua Barat.

Halaman
12
Dapatkan Berita Pilihan
di WhatsApp Anda

Berita Populer

Berita Terkini