News

Bisnis

Super Skor

Sport

Seleb

Lifestyle

Travel

Lifestyle

Tribunners

Video

Tribunners

Kilas Kementerian

Images

Tsunami di Banten dan Lampung

Pasca Tsunami Menerjang Banten dan Lampung, Jokowi Perintahkan BMKG Beli Alat Baru

Editor: Malvyandie Haryadi
AA

Text Sizes

Medium

Large

Larger

Presiden Joko Widodo di Mutiara Carita Resort, Kabupaten Pandeglang, Banten, Senin (24/12/2018)

TRIBUNNEWS.COM, PANDEGLANG - Di sela meninjau lokasi bencana tsunami di Pantai Carita, Kabupaten Pandegang, Banten, Presiden Joko Widodo (Jokowi) menginstruksikan Badan Meteorologi Klimatologi dan Geofisik (BMKG) untuk membeli alat pendeteksi erupsi gunung.

Sebab, pada gelombang tsunami yang menimpa Selat Sunda terjadi pada Sabtu (22/12/2018) malam hari bukan karena gempa bumi.

Melainkan, menurut BMKG, gelombang tsunami tersebut terjadi karena adanya erupsi dari anak Gunung Krakatau yang berlokasi di Selat Sunda.

Baca: Berita Terbaru Pasca Tsunami di Banten: Seperti Kota Mati hingga 12 Nelayan Belum Diketahui Nasibnya

"Ke depan saya sudah perintahkan juga ke BMKG untuk membeli alat-alat deteksi warning sistem yang bisa memberikan peringatan sejak dini kepada kita semua," kata Jokowi di Mutiara Carita Resort, Kabupaten Pandeglang, Banten, Senin (24/12/2018).

Bencana yang memakan korban jiwa hingga menembus angka 200 orang tersebut pun dikhawatirkan Jokowi akan terus bertambah.

Sebab, Jokowi mengatakan, pemerintahan pusat sudah bekerjasama dengan Pemprov Banten untuk berkonsentrasi dengan wilayah-wilayah yang memang dianggap belum mendapatkan bantuan.

"Jangan sampai, kayak kemarin di Sumut, yang kurang terlihat. Hari ini akan disisir kembali tapi lewat laut mengenai adanya kemungkinan-kemungkinan tempat yang belum terpantau oleh kita," kata Jokowi.

Sementara itu, Menteri Kesehatan Nila F. Moeloek mengatakan persediaan obat untuk korban luka ringan dan luka berat masih aman.

Menurutnya, Kemenkes juga akan menyisir puskesmas hingga rumah sakit yang menampung korban tsunami Selat Sunda untuk memantau ketersediaan obat.

"Tadi saya ke Puskesmas Carita tapi sudah kosong, jadi hanya tinggal sisa yang belum dibersihkan. Sebelumnya ada 65 jenazah yang mereka tangani dan korban sekitar 87, jadi korban yang luka-luka diatasi, kalau yang tak bisa dirujuk ke RS pandeglang," jelas Nila.

Pemprov Banten sendiri telah menyiapkan rumah sakit rujukan bagi korban tsunami yang mengalami luka dan sakit yakni di Rumah Sakit Banten, RS Berkah, RS Ajidarmo, RSDP serang, RS Krakatau Medika, RS Sari Asih Saya dan RSU Cilegon.

Dapatkan Berita Pilihan
di WhatsApp Anda

Berita Populer

Berita Terkini