News

Bisnis

Super Skor

Sport

Seleb

Lifestyle

Travel

Lifestyle

Tribunners

Video

Tribunners

Kilas Kementerian

Images

Pilpres 2019

Para Praktisi Media yang Ikut Terlibat di Balik Persiapan Debat Jokowi-Ma'ruf

Editor: Hasanudin Aco
AA

Text Sizes

Medium

Large

Larger

TEMPAT DEBAT-Para perkerja sedang mempersiapkan tempat debat perdana capres-cawapres Pemilu Presiden 2019 di ruangan Birawa Assembly Hall di Hotel Bidakara, Pancoran, Jakarta Selatan, Selasa (15/1/2019). Dua kandidat calon presiden no 01 Joko Widodo-Ma'ruf Amin serta calon presiden no 02 Prabowo Subianto-Sandiaga Uno akan mengikuti debat perdana Pilpres 2019 pada tanggal 17 Januari mendatang.-Warta Kota/henry lopulalan

TRIBUNNEWS.COM, JAKARTA - Jelang debat Pilpres 2019 sesi pertama, masing-masing pasangan capres dan cawapres terus mempersiapkan diri agar menunjukan penampilan terbaik di mata pemilih.

Di balik persiapan debat kedua pasangan calon, tentunya ada tim yang memikirkan konten yang akan disampaikan dan gaya komunikasi yang bakal ditunjukan dalam debat.

Di kubu Joko Widodo-Ma'ruf Amin, tim yang menyiapkan materi debat dan mengarahkan gaya komunikasi didominasi oleh para politisi dan praktisi media. Ketua Tim Kampanye Nasional (TKN) Jokowi-Ma'ruf, Erick Thohir, menyebut sejumlah nama praktisi media yang terlibat mempersiapkan debat Pilpres di kubunya.

"Kita ada Riza Primadi, Rizal Mustary," ujar Erick saat berbincang di Djakarta Theatre, Jakarta, Rabu (16/1/2019).

Baca: Prabowo-Sandi Tidak Gunakan Konsultan untuk Persiapan Debat

Kedua nama itu diketahui sebagai praktisi yang pernah berkecimpung di stasiun televisi nasional.

Riza Primadi tercatat pernah menjabat sebagai News and Corporate Affairs Director di Trans TV serta pernah menjabat Senior Communications Consultant di salah satu BUMN.

Sementara itu, Rizal Mustary tercatat penah menjabat News Producer, Main Anchor and Talent Coordinator di Trans TV.

Selain dua nama itu, praktisi media yang tergabung dalam tim persiapan debat Jokowi-Ma'ruf ialah mantan presenter TV One Tina Talisa yang kini terdaftar sebagai caleg DPR RI dari Nasdem.

Ada pula Usman Kasong yang pernah menjabat Pemimpin Redaksi Media Indonesia yang sekarang juga menjabat Direktur Komunikasi Politik di TKN.

Baca:  TERPOPULER - Foto #10YearsChallengenya Dicemooh, Ayu Ting Ting Sewot: Gue Cantik

Selain itu, praktisi media yang juga tergabung dalam tim persiapan debat Jokowi-Ma'ruf ialah Arya Sinulingga. Arya merupakan Direktur Pemberitaan di Media Nusantara Citra (MNC Group) sekaligus caleg DPR RI dari Partai Perindo.

Adapun Putra Nababan yang merupakan mantan Pemimpin Redaksi Metro TV juga tergabung dalam tim tersebut.

Sementara itu, para politisi yang tergabung dalam tim persiapan debat Jokowi-Ma'ruf ialah Rizal Malarangeng (Golkar), Aria Bima (PDI-P), Abdul Kadir Karding (PKB), Lukman Edy (PKB), dan Meutya Hafid (Golkar).

Selain praktisi media dan politisi, tim persiapan debat Jokowi-Ma'ruf juga diisi oleh pelaku industri kreatif dan konsultan media seperti Ipang Wahid dan Fiki Satari.

"Jadi banyak. Ada Ipang Wahid, saya, ada Mas Karding, Lukman Edy, Aria Bima, Fiki Satari, Arya Sinulingga, Meutya Hafid, Putra Nababan, Rizal Malarangeng," ujar Usman di Djakarta Theatre, Sarinah, Jakarta, Rabu (16/1/2019).

Artikel ini telah tayang di Kompas.com dengan judul "Para Politisi dan Praktisi Media di Balik Persiapan Debat Jokowi-Ma'ruf "
Penulis : Rakhmat Nur Hakim

Dapatkan Berita Pilihan
di WhatsApp Anda

Berita Populer

Berita Terkini