News

Bisnis

Super Skor

Sport

Seleb

Lifestyle

Travel

Lifestyle

Tribunners

Video

Tribunners

Kilas Kementerian

Images

Polri Periksa 15 Orang di Insiden Terbakarnya Polisi Saat Demo Mahasiswa Cianjur

Penulis: Vincentius Jyestha Candraditya
Editor: Choirul Arifin
AA

Text Sizes

Medium

Large

Larger

Tiga polisi terbakar saat aksi demo mahasiswa di Cianjur, kronologi hingga kondisi korban.

Laporan Wartawan Tribunnews.com, Vincentius Jyestha 

TRIBUNNEWS.COM, JAKARTA - Mabes Polri mengungkap pihaknya memeriksa 15 orang yang diduga terkait dengan kasus terbakarnya polisi Cianjur saat mengamankan demo mahasiswa, Kamis (15/8).

"Saat ini sedang diperiksa 15 orang yang diduga terlibat dalam peristiwa tersebut," ujar Karopenmas Divisi Humas Polri Brigjen Pol Dedi Prasetyo, ketika dikonfirmasi, Jumat (16/8/2019).

Dedi mengatakan kepolisian akan mengusut kasus ini hingga tuntas. Apabila ditemukan adanya tindak pidana penganiayaan dan penyerangan kepada aparat, Polri tak segan menghukum berat pelaku. 

"Pada prinsipnya apabila terbukti melakukan tindak pidana penganiayaan dan penyerangan kepada petugas, bahkan apabila sampai ada anggota meninggal akan berat hukumannya," ucapnya. 

Baca: Diujicoba Pada Tikus yang Terpapar Sel Kanker, Peneliti Ini Kaget dengan Khasiat Kayu Bajakah

Dias mengatakan, empat polisi yang terbakar dalam aksi demo tersebut masih menjalani perawatan di rumah sakit yang berbeda-beda. 

"Aiptu Erwin dirawat ke RS Kramat Jati, Bripda Yudi Muslim dirawat ke RS Hasan Sadikin, Bripda FA Simbolon dirawat ke Rs Hasan Sadikin, dan Bripda Anif dirawat ke RS Polri Sartika Asih Polda Jabar," tandas Dedi. 

Baca: Usai Heboh Tanaman Bajakah untuk Obat Kanker, Pemerintah Diminta Amankan Habitatnya

Sebelumnya diberitakan, Kabid Humas Polda Jabar, Kombespol Trunoyudo Wisnu Andiko, menjelaskan beberapa fakta pada insiden tiga polisi terbakar saat unjuk rasa ricuh OKP Cipayung Plus Cianjur pada Kamis (15/8/2019).

Sejumlah fakta itu dibeberkan Trunoyudo Wisnu Andiko saat ditemui di Mapolrestabes Bandung, Sumurbandung, Bandung.

Dia menyebut demo yang digelar di Pendopo Kabupaten Cianjur itu dihadiri oleh 50 mahasiswa yang tergabung dalam beberapa organisasi kemahasiswaan.

Organisasi mahasiswa tersebut antara lain GMNI, PMII, HMI, HIMAT, CIF, IMM, PD Hima Persis Cianjur yang beraliansi dengan nama OKP Cipayung Plus Cianjur.

"Unjuk rasa sudah diagendakan sejak Senin (12/8/2019). Kelompok dengan koordinator lapangannya MF menyatakan saat laporan akan aksi menyatakan siap menjaga ketertiban dan keamanan," kata Trunoyudo Wisnu Andiko.

Trunoyudo menyebut massa mahasiswa itu mulai berkumpul untuk berunjuk rasa pada sekitar pukul 12.00 WIB.

Sekitar 50 mahasiswa Cianjur itu berunjuk rasa soal Pemerintah Kabupaten Cianjur yang dianggap gagal menyediakan lapangan pekerjaan hingga mengritisi masalah pendidikan.

Halaman
12
Dapatkan Berita Pilihan
di WhatsApp Anda

Berita Populer

Berita Terkini