News

Bisnis

Super Skor

Sport

Seleb

Lifestyle

Travel

Lifestyle

Tribunners

Video

Tribunners

Kilas Kementerian

Images

Prakiraan Cuaca

Peringatan Dini Cuaca Ekstrem Tanggal 2-3 Februari 2020: Jateng dan Bali Berpotensi Hujan Lebat

Penulis: Lanny Latifah
Editor: Malvyandie Haryadi
AA

Text Sizes

Medium

Large

Larger

Ilustrasi seseorang memakai payung di tengah hujan - Berikut Peringatan Dini Cuaca Ekstrem Besok 2 - 3 Februari 2020: Jateng dan Bali Berpotensi Hujan Lebat

TRIBUNNEWS.COM - Badan Meteorologi Klimatologi dan Geofisika (BMKG) telah merilis peringatan dini cuaca ekstrem yang diperkirakan akan terjadi besok, 2 - 3 Februari 2020.

Peringatan dini cuaca dibuat berdasarkan update terakhir pada Sabtu (1/2/2020) pada pukul 13.39 WIB, karena adanya massa udara basah.

Massa udara basah terjadi di lapisan rendah terkonsentrasi di sebagian besar Indonesia kecuali di Riau bagian Timur, Kep. Riau, Jambi bagian Timur, Bangka, Kalimantan Timur bagian Timur, dan Maluku Utara.

Daerah yang memiliki potensi konvektif dari faktor lokal dengan nilai indeks labilitas atmosfer sedang/kuat terdapat di wilayah Aceh, Sumatera Utara, Jambi, Lampung.

Juga di Jawa Barat, Jawa Tengah, Jawa Timur, Bali, NTB, NTT, Kalimantan Barat, Kalimantan Tengah, Kalimantan Utara, Sulawesi bagian Tengah dan Selatan, Maluku, Papua Barat dan Papua.

Terdapat pula daerah yang bertekanan rendah di wilayah Selatan Banten.

Adanya Konvergensi memanjang di Samudera Hindia Selatan Jawa, dari Kalimantan Utara hingga Kalimantan Tengah, dari NTB hingga NTT, dari Sulawesi Tengah hingga perairan Selatan Sulawesi Tenggara.

Daerah belokan angin juga terdapat di wilayah perairan Barat Sumatera, Kalimantan bagian Barat dan Maluku.

Berikut beberapa wilayah yang diperkirakan berpotensi hujan lebat dan hujan lebat disertai angin kencang kilat/petir besok, Minggu hingga Senin dilansir dari laman bmkg.go.id, Sabtu (1/2/2020):

Minggu, 2 Februari 2020

Wilayah yang berpotensi hujan lebat:

- Aceh

- Sumatera Barat

- Kepulauan Bangka Belitung

Halaman
1234
Dapatkan Berita Pilihan
di WhatsApp Anda

Berita Populer

Berita Terkini