News

Bisnis

Super Skor

Sport

Seleb

Lifestyle

Travel

Lifestyle

Tribunners

Video

Tribunners

Kilas Kementerian

Images

Gus Sholah Meninggal Dunia

Jokowi soal Pesan Gus Sholah: Banyak Titipan kepada Kita

Penulis: Reza Deni
Editor: Fajar Anjungroso
AA

Text Sizes

Medium

Large

Larger

Presiden Joko Widodo di rumah duka Gus Sholah

Laporan Wartawan Tribunnews.com, Reza Deni

TRIBUNNEWS.COM, JAKARTA - Presiden Joko Widodo menceritakan sosok mendiang Gus Sholah. Baginya, Gus Sholah merupakan cendikiawan muslim yang banyak menyampaikan tentang keislaman dan keindonesiaan.

Sebelum berpulang, mendiang Gus Sholah bertemu dengan Jokowi dan berpesan banyak hal. Pertemuan keduanya di Istana dan Ponpes Tebuireng.

"Saya kira hal yang terkait dengan islam dan kebangsaan yang disampaikan beliau kepada saya. Banyak titipan kepada kita, tetapi saya kira tidak perlu saya sampaikan di sini," ujarnya di rumah duka, Jalan Bangka Raya no 2C, Jakarta Selatan, Senin (3/2/2020).

Masyarakat Indonesia, dikatakan Jokowi, merasakan kehilangan yang besar akan kepergian pengasuh Pondok Pesantren Tebuireng tersebut.

Baca: Yusril Kenang Sosok Almarhum Gus Sholah: Salah Satu Sebaik-baiknya Manusia

"Kita semuanya masyarakat Indonesia sangat kehilangan atas pulangnya beliau ke rahmatullah. Semoga segala amal baik Gus Sholah diterima di sisi Allah SWT, husnul khotimah, dan yang ditinggalkan diberikan ketabahan dan kesabaran," pungkas Jokowi.

Seperti diketahui, jenazah Gus Solah tiba di rumah duka pukul 23.48 WIB. Sejumlah pelayat mengerumuni ketika jenazah Gus Solah dibawa masuk ke dalam rumah duka. 

Pelayat yang berada di kediaman Gus Solah tersebut tampak berasal dari kalangan santri, ulama, tokoh masyarakat, dan pejabat negara.

Diberitakan sebelumnya, Pengasuh Pondok Pesantren (Ponpes) Tebuireng di Jombang, Jawa Timur, KH Salahuddin Wahid (Gus Solah) wafat di RS Harapan Kita pada Minggu (2/2/2020).

Ketua Pengurus Harian Tanfidziyah Pengurus Besar Nahdlatul Ulama (PBNU), KH Robikin Emhas, menyampaikan kabar duka tersebut pada Minggu (2/2/2020).

"Innaa lillaahi wa innaa lillaahi raaji’uun. Duka mendalam atas wafatnya KH Sholahuddin Wahid (Gus Sholah) di RS Harapan Kita pada hari Ahad (2/2) pukul 20.59 WIB. Semoga seluruh salah-khilaf beliau diampuni oleh Allah SWT, ibadahnya diterima dan keluarga yg ditinggal tabah. Laha Al-Fatihah," kata Robikin ketika dikonfirmasi. 

Sebelum wafat, Gus Solah sempat mengalami keadaan kritis seusai menjalani operasi jantung di Rumah Sakit Jantung Harapan Kita, Jakarta.

Adik kandung mantan Presiden KH Abdurrahman Wahid (Gus Dur) tersebut dirawat untuk menjalani tindakan medis ablasi.

Ablasi adalah salah satu tindakan medis untuk penyakit jantung. Tindakan operasi seperti itu biasanya untuk mengatasi gangguan irama jantung

Dapatkan Berita Pilihan
di WhatsApp Anda

Berita Populer

Berita Terkini