News

Bisnis

Super Skor

Sport

Seleb

Lifestyle

Travel

Lifestyle

Tribunners

Video

Tribunners

Kilas Kementerian

Images

Platform Ekosistem Dunia Hiburan Eventori Siap Bawa Indonesia Naik Kelas

Editor: FX Ismanto
AA

Text Sizes

Medium

Large

Larger

Launching PLATFORM EVENTORI yang merupakan Entertainment e-commerce Pertama, yang memadukan dunia teknologi digital dan Industri Dunia Hiburan, Minggu (2/3/2020) berlangsung di Oeang Resto, M Block Space, Jl. Panglima Polim Jakarta Selatan. Acara ini dihadiri oleh Menteri Pariwisata dan Ekonomi Kreatif Wishnutama Kusubandio, Menteri Perdagangan Enggartiasto Lukita, Menpora Zainudin Amali dan Rio Abdurrahman (CEO EVENTORI).

TRIBUNNEWS.COM, JAKARATA - Perkembangan dunia hiburan seiring dengan kemajuan teknologi digital telah melahirkan ekosistem baru yang dapat difasilitasi dalam suatu platform e-commerce. Platform ini akan menjadi tempat bertemu dan kolaborasi seluruh pelaku industri hiburan, baik seniman maupun profesional, dan para pengguna yang datang dari event organizer (EO), promotor, periklanan, maupun brand.  

Itulah visi Eventori sebagai platform e-commerce yang akan memfasilitasi ekosistem dunia hiburan Indonesia. Platform ini diluncurkan pada 2 Februari 2020 di M Bloc, Jakarta. Visi ini lahir dari pengalaman para pendirinya yang datang dari berbagai latar belakang, seperti EO, promotor musik, brand management, manajemen artis, dan produksi TV.  

Menteri Kabinet Indonesia Maju Hadiri Lounching Platform Eventori. (TRIBUNNEWS.COM/TRIBUNNEWS.COM/FX ISMANTO)

“Sebagai EO, kami selalu kesulitan mencari talent ketika ada event di daerah-daerah. Siapa MC yang keren di Malang, mana penari yang bagus atau band yang bisa diajak mengembangkan konsep untuk keperluan klien di suatu kota? Dari kondisi itu sudah lama kami membayangkan ada semacam database yang bisa dipakai banyak orang. Bagi user, database ini bisa untuk memenuhi kebutuhannya, sementara bagi talent dan pelaku industri pendukung entertainment seperti pengusaha sound system atau venue, terutama di daerah, bisa untuk memasarkan diri dan mencari peluang di panggungpanggung yang lebih luas. Siapa tahu ada MC di Banyuwangi yang bisa naik kelas ke tingkat nasional, misalnya,” ujar co-founder dan Chief Communication Officer Eventori Dadi Krismatono. 

Platform Eventori terdiri booking platform, talent management, dan digital advertising. Di dalam fitur booking platform ada daftar talenta termasuk portofolio dan fee mereka. Talenta mencakup penyanyi, penari, MC, komedian, band atau kelompok seni tradisional. Selain itu juga ada daftar pelaku produksi event seperti sound system, lighting atau multimedia dan masih banyak lagi terkait bisnis entertainment, termasuk venue.   

Menteri Kabinet Indonesia Maju Hadiri Lounching Platform Eventori. (TRIBUNNEWS.COM/TRIBUNNEWS.COM/FX ISMANTO)

Di bidang talent management, Eventori menawarkan pendampingan dan pengembangan bisnis bagi artis-artis yang bekerja sama dengan platform ini. Eventori akan mengadakan ajang pencarian bakat terbesar “Eventori Cari Artis” bekerja sama dengan salah satu TV swasta.  

“Eventori Cari Artis bukan talent saerch biasa karena nantinya artis-artis pemenang akan didampingi oleh tim talent management yang selain terus mengasah bakat mereka,  juga akan mengasah soft skill para artis. Bagaimana tampil di media, bagaimana mengelola media sosial, sampai masalah perencanaan keuangan dan legal. Kami siapkan tim kreatif untuk memikirkan strategi pengembangan para artis. Termasuk juga mencarikan job,” papar Dadi Krismatono.

Konperensi Pers Launching PLATFORM EVENTORI. (TRIBUNNEWS.COM/TRIBUNNEWS.COM/FX ISMANTO)

Sementara di digital advertising, talenta yang tergabung di Eventori akan dilibatkan dalam produksi iklan dan kampanye media sosial. Mereka juga akan dihubungkan dengan kalangan periklanan dan brand sebagai artis yang sudah terasah dari sisi profesionalitas.    

“Namanya teknologi itu berkembang. Platform ini juga bisa terus dikembangkan, apakah menjadi media, atau platform kampanye media sosial karena artis sangat berpeluang menjadi influencer. Yang penting, platform ini sekarang bisa menghubungkan bakatbakat Indonesia yang selama ini masih tersebar dan belum punya peluang untuk naik kelas,” ujar Chief Digital & Platform Eventori Bambang Pangestu.  

Konperensi Pers Launching PLATFORM EVENTORI. (TRIBUNNEWS.COM/TRIBUNNEWS.COM/FX ISMANTO)

“Platform ini akan kami kembangkan menjadi aplikasi yang akan kami luncurkan berbarengan dengan dimulainya Eventori Cari Artis,” tambah Bambang Pangestu.

Komposer dan pemusik Yovie Widianto menyambut baik hadirnya Eventori di belantika musik Indonesia. Lewat video yang ditayangkan dalam acara jumpa pers, ia mengatakan kehadiran platform berbasis teknologi informasi di dunia entertainment ini tepat waktu.  “Sudah lama dunia hiburan kita perlu diperkuat dengan sebuah platform teknologi informasi. Sebagai komposer, selain terus berkarya lewat Kahitna atau Yovie & Nuno dan rekan-rekan saya yang lain, saya juga ingin sekali bertemu dengan penyanyi-penyayi potensial dari seluruh Indonesia. Kalau mau keliling beneran kan waktunya nggak ada. Platform ini memberi saya akses kepada penyanyi-penyanyi berbakat yang tersebar tapi belum punya akses. Dengan ada akses ini, dunia hiburan Indonesia nggak akan kehabisan talent, ide, dan kreativitas baru,” jelas musisi yang telah lebih dari 30 tahun berkiprah di musik Indonesia itu.   

Konperensi Pers Launching PLATFORM EVENTORI. (TRIBUNNEWS.COM/TRIBUNNEWS.COM/FX ISMANTO)

Dadi Krismatono menjelaskan, jika banyak talenta dan profesional di daerah terhubung dengan platform yang memberi mereka banyak peluang maka industri akan tumbuh. Dengan tantangan yang makin berkembang dari permintaan user, kualitas para talenta dan profesional juga akan naik.  

“Karena itu kami persembahkan Eventori agar industri hiburan Indonesia naik kelas,” pungkas co-founder dan Chief Communication Officer Eventori Dadi Krismatono. 

Dapatkan Berita Pilihan
di WhatsApp Anda

Berita Populer

Berita Terkini