News

Bisnis

Super Skor

Sport

Seleb

Lifestyle

Travel

Lifestyle

Tribunners

Video

Tribunners

Kilas Kementerian

Images

Indonesia Harap Kemitraan ASEAN dan AS Jadi Kekuatan bagi Perdamaian dan Kemakmuran Kawasan

Penulis: Taufik Ismail
Editor: Theresia Felisiani
AA

Text Sizes

Medium

Large

Larger

Menlu Retno hadir secara virtual mewakili Presiden Republik Indonesia dalam KTT ke-8 ASEAN-Amerika Serikat, Sabtu, (14/11/2020).

TRIBUNNEWS. COM, JAKARTA - Menteri Luar Negeri Republik Indonesia, Retno Marsudi mengatakan bahwa Amerika Serikat merupakan satu di antara mitra strategis ASEAN di Kawasan.

Kemitraan kedua pihak telah terjalin selama lebih dari empat dekade yang berkembang ke dalam kerja sama di berbagai bidang strategis.

Hal itu dikatakan Retno dalam konferensi Pers di Istana Kepresidenan Bogor usai hadir secara virtual mewakili Presiden Republik Indonesia dalam KTT ke-8 ASEAN-Amerika Serikat, Sabtu, (14/11/2020).

Retno mengatakan  bahwa Indonesia berharap agar persahabatan antara ASEAN dan Amerika Serikat tersebut tetap terjalin kuat di waktu-waktu mendatang.

"Ke depan Indonesia tetap berharap agar Amerika Serikat menjadi mitra penting dan strategis di kawasan Indo-Pasifik, termasuk di antaranya dalam penerapan ASEAN Outlook on the Indo-Pacific. Kemitraan ini diharapkan dapat menjadi _positive force_ untuk menciptakan perdamaian, stabilitas, dan kemakmuran kawasan," ujar Retno.

Baca juga: Jokowi Angkat Isu Ekonomi dan Keamanan di KTT ASEAN-Australia

Dalam empat tahun terakhir, di bidang ekonomi dan pembangunan, Amerika Serikat terus menjadi mitra perdagangan dan investasi terbesar kedua di ASEAN.

Volume perdagangan kedua pihak meningkat sebesar 39 persen dari US$211,8 miliar menjadi US$294,6 miliar.

"Investasi Amerika Serikat juga meningkat 110 persen di kawasan, dari US$11,65 miliar menjadi US$24,5 miliar," ungkap Retno.

Di sektor energi, ASEAN bersama Amerika Serikat juga telah menyusun rencana kerjasama jangka panjang 2021-2025.

Hal itu ditambah dengan kerja sama di sektor ekonomi digital melalui program peningkatan kapasitas sebanyak 4.000 UMKM yang telah dilakukan di kawasan ini.

Baca juga: Presiden Hadiri Sejumlah KTT ASEAN dengan Negara Mitra

Adapun dalam 10 bulan terakhir, sepanjang pandemi Covid-19, kemitraan antara ASEAN dan Amerika Serikat di bidang kesehatan juga menguat.

Untuk diketahui, dalam KTT ke-8 ASEAN-Amerika Serikat tersebut, Penasihat Keamanan Nasional Amerika Serikat, Robert C. O'Brien, mewakili Presiden Donald Trump untuk Amerika Serikat.

Dapatkan Berita Pilihan
di WhatsApp Anda

Berita Populer

Berita Terkini