News

Bisnis

Super Skor

Sport

Seleb

Lifestyle

Travel

Lifestyle

Tribunners

Video

Tribunners

Kilas Kementerian

Images

KITA Beri Anugerah Kosala Jayakarta Kepada Bang Yos

Editor: Adi Suhendi
AA

Text Sizes

Medium

Large

Larger

Ketua Badan Kebijakan KITA, Maman Imanulhaq dalam acara KITA RUPA 2020

TRIBUNNEWS.COM, JAKARTA - Kerapatan Indonesia Tanah Air (KITA) pameran seni rupa di Gembrong Seni, Jakarta, Kamis (10/12/2020).

Acara yang digagas Majelis Hikmah KITA tersebut diberi nama KITA RUPA.

Delam kesempatan tersebut, KITA memberikan penghargaan Kosala Jayakarta, kepada mantan gubernur DKI Jakarta, Sutiyoso.

Kosala Jayakarta merupakan penghormatan yang diberikan kepada seseorang atau lembaga karena keteguhan, kebijaksanaan, dan pengaruh kekuasaan yang ditimbulkannya.

"Kosala Jayakarta 2020 untuk pertama kalinya diberikan pada Bang Yos, yakni Letjen (Purn) Dr (HC) Sutiyoso. Gubernur Jakarta 1997-2007 yang mengantarkan Kota ini melewati pergantian milenium," ujar Ketua Majelis Hikmah KITA, Taufik Razen dalam keterangan yang diterima, Kamis (10/12/2020).

Baca juga: Jakarta Jadi Kota dengan Transportasi Terbaik, Politikus PDI Ungkit Jasa Jokowi dan Sutiyoso

Taufik mengatakan, satu dekade bersejarah yang dilewati bersama Bang Yos, pada tahun 1997-2007 merupakan era transformasi besar dalam berbagai sendi kehidupan.

Pada masa-masa itu, Jakarta memiliki beban berat akibat krisis politik yang diikuti transformasi sosial dan krisis ekonomi yang merobek ketahanan budaya serta mengguncang sendi-sendi kerapatan Tanah Air.
Kekuasaan pusat yang jatuh bangun, membuat ibukota terancam kosong kekuasaan.

Namun, berkat kepemimpinan yang mumpuni justru masa itu dapat dilewati secara damai, manusiawi, dan beradab.

Baca juga: Sutiyoso Ungkap di Mana Letak Kesalahan Anies Baswedan soal Banjir, Reaksi Karni Ilyas Tak Terduga!

"Kita mungkin mengenal beliau sebagai gubernur yang memperkenalkan Busway mengatasi kemacetan, atau pengerukan kanal melewati banjir, atau penghijauan dan penutupan Monas, atau melarang kita merokok di tempat umum, atau mengusir unggas dari pemukiman."

"Kita mungkin mengingat, saat warga begitu gairahnya berdemo tentang apa saja dan di mana saja. Yang merusak fasilitas umum sebagai kegagahan dan meresahkan warga sebagai gaya protes. Semuanya telah kita lewati dengan anggun, kepercayaan diri dan martabat kebersamaan," kata Taufik Rahzen

Taufik menegaskan, apa yang sesungguhnya Bang Yos lakukan adalah melakukan Revolusi Jiwa, untuk mengantarkan masyarakat dari sebuah Kampung Metropolitan menjadi warga kota Megapolitan.

Sebuah lompatan peradaban, meniti masa depan.

"Atas Jasa itulah dengan kerendahan hati, KITA Kerapatan Indonesia Tanah Air melalui Gelaran KITARUPA 2020 ini, menyerahkan Kosala Jayakarta," ujar Taufik.

Risalah Kemanusiaan KITA

Halaman
12
Dapatkan Berita Pilihan
di WhatsApp Anda

Berita Populer

Berita Terkini