News

Bisnis

Super Skor

Sport

Seleb

Lifestyle

Travel

Lifestyle

Tribunners

Video

Tribunners

Kilas Kementerian

Images

Waketum MUI Harap Jenderal Listyo Bisa Laksanakan Tugas Secara Adil Sebagai Kapolri

Penulis: Reza Deni
Editor: Malvyandie Haryadi
AA

Text Sizes

Medium

Large

Larger

Presiden Joko Widodo melantik Listyo Sigit Prabowo sebagai Kapolri di Istana Negara, Jakarta, Rabu (27/1/2021). Selain dilantik sebagai Kapolri, Listyo Sigit Prabowo juga dinaikkan pangkatnya dari Komisaris Jenderal Polisi menjadi Jenderal Polisi. TRIBUNNEWS.COM/SETPRES/AGUS SUPARTO

Laporan Wartawan Tribunnews.com, Reza Deni

TRIBUNNEWS.COM, JAKARTA - Wakil Ketua Umum Majelis Ulama Indonesia (MUI) Anwar Abbas memberikan selamat kepada Jenderal Listyo Sigit Prabowo yang telah dilantik sebagai Kapolri oleh Presiden Joko Widodo.

"Mudah-mudahan beliau dapat melaksanakan tugasnya dengan sebaik-baiknya dan dengan seadil-adilnya," kata Anwar dalam siaran pers yang diterima, Rabu (27/1/2021).

Menurutnya, dengan bekerja seadil-adilnya, Anwar mengatakan masyarakat luas benar-benar percaya dengan pihak kepolisian sebagai lembaga penegak keamanan dan penegak hukum yang baik, benar dan adil.

Baca juga: Kritik & Penolakan soal Pam Swakarsa yang akan Diaktifkan Kapolri Listyo Sigit, Dari MUI hingga DPR

"Sehingga Polri benar-benar bisa mendapatkan trust kembali dari masyarakat luas," pungkasnya.

Diketahui, Presiden Joko Widodo (Jokowi) resmi melantik Listyo Sigit Prabowo menjadi Kepala Kepolisian Negara Republik Indonesia (Kapolri).

Acara pelantikan Listyo Sigit Prabowo sebagai Kapolri digelar di Istana Negara, Jakarta Pusat, Rabu (27/1/2021). 

Melalui siaran kanal YouTube Sekretariat Presiden, prosesi pelantikan dilaksanakan dengan menerapkan protokol kesehatan yang ketat.

Memulai acara pelantikan diawali dengan menyanyikan lagu 'Indonesia Raya'.

Baca juga: Wakil Ketua MPR Apresiasi Konsep Presisi Kapolri

Kemudian, dibacakan Keputusan Presiden (Keppres) Nomor 5 Polri Tahun 2021 tentang Pengangkatan Kepala Kepolisian Negara Republik Indonesia.

Presiden Jokowi kemudian memandu pembacaan sumpah jabatan. Listyo Sigit mengikuti apa yang diucapkan oleh Presiden.

"Demi Tuhan Yang Maha Esa saya menyatakan dan berjanji sungguh-sungguh bahwa saya akan setia kepada Negara Kesatuan Republik Indonesia, yang berdasarkan Pancasila dan Undang-Undang Dasar Negara Republik Indonesia tahun 1945 serta akan menjalankan segala peraturan perundang-undangan dengan selurus-lurusnya demi darma bakti saya kepada bangsa dan negara," kata Jokowi yang turut diikuti oleh Listyo Sigit.

"Bahwa saya dalam menjalankan tugas jabatan, akan menjunjung tinggi etika jabatan, bekerja sebaik-baiknya, dan penuh rasa tanggung jawab. Bahwa saya akan menunjung tinggi Tribrata," sambungnya.

Presiden Jokowi dan Listyo kemudian menandatangani berita acara pengangkatan sumpah jabatan yang disaksikan oleh sejumlah pejabat negara dan saksi.

Dapatkan Berita Pilihan
di WhatsApp Anda

Berita Populer

Berita Terkini