News

Bisnis

Super Skor

Sport

Seleb

Lifestyle

Travel

Lifestyle

Tribunners

Video

Tribunners

Kilas Kementerian

Images

KRI Usman Harun-369 dan KRI Halasan-630 Latihan Bersama 2 Kapal Perang Tiongkok di Laut Jawa

Penulis: Gita Irawan
Editor: Johnson Simanjuntak
AA

Text Sizes

Medium

Large

Larger

Prajurit TNI AL yang tergabung dalam Satuan Tugas Maritime Task Force (Satgas MTF) TNI Konga XXVIII-J/UNIFIL yang dipimpin Kolonel Laut (P) Alan Dahlan, S.H., M.Si. sebagai Dansatgas sekaligus Komandan KRI Usman Harun-359 tiba di Tanah Air dalam rangka perjalanan dari Lebanon menuju Indonesia dan singgah di Pelabuhan Belawan, Medan, Sumatera Utara, Jumat (26/10/2018). (Puspen TNI)

TRIBUNNEWS.COM, JAKARTA - KRI Usman Harun-359 dan KRI Halasan-630 melaksanakan latihan bersama dengan kapal perang Tiongkok di Laut Jawa baru-baru ini.

Kedua KRI tersebut melakukan Passing Exercise (Passex) dengan PLANS People Liberation Army Navy Ship) Liuzhou-573 (FFGHM) dan Suqian-504 (FSGHM) saat dua kapal perang Tiongkok tersebut melintas dari utara menuju ke selatan melalui Alur Laut Kepulauan Indonesia (ALKI).

Pangkoarmada I Laksda TNI Abdul Rasyid K mengatakan latihan tersebut merupakan kegiatan yang lumrah dilaksanakan oleh angkatan laut di seluruh dunia, apabila ada kapal negara sahabat yang melintas dan telah memperoleh diplomatic clearance.

"Saya berharap latihan ini dapat meningkatkan hubungan persahabatan antara TNI AL dan PLAN serta meningkatkan profesionalisme masing-masing angkatan,” kata Rasyid dikutip dari keterangan resmi Peninter Puspen TNI pada Selasa (11/5/2021).

Baca juga: Connie Bakrie Jawab Menhan Prabowo Terkait Mafia Alutsista Berinisial Mr M

Selain itu, Rasyid juga memastikan bahwa Koarmada I akan tetap menghadirkan KRI dan pesawat udara intai maritim untuk menjaga keamanan laut dan menjamin kedaulatan negara. 

Kegiatan yang dilaksanakan selama passex meliputi latihan komunikasi berupa isyarat lampu sorot dan komunikasi suara. 

Selain itu juga dilaksanakan antara lain latihan SAR dan manuver kapal dalam formasi juga dilaksanakan dalam latihan ini.
 

Dapatkan Berita Pilihan
di WhatsApp Anda

Berita Populer

Berita Terkini