News

Bisnis

Super Skor

Sport

Seleb

Lifestyle

Travel

Lifestyle

Tribunners

Video

Tribunners

Kilas Kementerian

Images

Indonesia Resmi Buka Konsul Kehormatan di Constanta Rumania

Penulis: Larasati Dyah Utami
Editor: Adi Suhendi
AA

Text Sizes

Medium

Large

Larger

Indonesia secara resmi membuka Konsul Kehormatan RI di Constanta, Rumania pada Selasa (17/8/2021).

Laporan Wartawan Tribunnews, Larasati Dyah Utami

TRIBUNNEWS.COM, CONSTANTA – Indonesia secara resmi membuka Konsul Kehormatan RI di Constanta, Rumania, Selasa (17/8/2021).

Duta Besar RI untuk Rumania dan Republik Moldova secara resmi telah menyerahkan Surat Keputusan Presiden RI kepada Emil Sirbu sebagai Konsul Kehormatan RI di Constanta, merangkap wilayah Tulcea, Braila, Galati, Giurgiu, Vaslui, Vrancea, Ilfov, dan Prahova, Rumania.

“Dengan adanya Konsul Kehormatan RI di Constanta, hal ini diharapkan dapat berkontribusi pada peningkatan hubungan bilateral RI-Rumania, baik di bidang ekonomi maupun hubungan antar masyarakat, maupun bidang-bidang lain yang berpotensi untuk dikembangkan antara Indonesia dan Rumania,” kata Dubes RI dalam keterangannya.

Kota Constanta merupakan kota pelabuhan di Rumania, dengan jarak sekitar 227 kilometer ke arah timur dari Bucharest, ibu kota Rumania, dan 7,8 kilometer ke arah Laut Hitam.

Dengan diresmikannya Konsul Kehormatan RI di Constanta, diharapkan Constanta dapat menjadi pintu masuk produk RI ke pasar Eropa, terutama di kawasan Eropa Timur dan sekitar.

Baca juga: RI Minta Dukungan Rumania Soal Hambatan Dagang Minyak Sawit di Uni Eropa

Begitu pula sebaliknya, Indonesia dapat menjadi jembatan bagi Rumania dalam rangka memperkuat hubungan dengan negara-negara di kawasan Asia Tenggara dan juga ASEAN.

Acara peresmian berlangsung secara kekeluargaan dan dilaksanakan secara in-person dengan mematuhi protokol kesehatan.

Peresmian Konsul Kehormatan RI di Constanta turut disaksikan pejabat tinggi terkait di Rumania, seperti Neculai Tanase, State Secretary of the Ministry of Development, Public Works and Administration; Mihai Lupu, President of County Council; dan Vergil Chitac, Walikota Constanta.

Baca juga: Rumania Dilanda Pandemi Corona, Para Dokternya Memilih Berkerja di Luar Negeri

Dalam kesempatan tersebut, kedua negara menyajikan kuliner khas masing-masing negara untuk dinikmati para tamu undangan, seperti crispy pui cu porumb fulgi (ayam krispi dengan corn flakes) dan rendang.

Disela-sela acara, para tamu undangan juga menikmati sajian gelar budaya yang dilakukan seniman Rumania, meliputi pentas tari Bali, gamelan dan tari Poco-Poco dan Maumere.

Dapatkan Berita Pilihan
di WhatsApp Anda

Berita Populer

Berita Terkini