News

Bisnis

Super Skor

Sport

Seleb

Lifestyle

Travel

Lifestyle

Tribunners

Video

Tribunners

Kilas Kementerian

Images

PON Papua

Menkes Pastikan Venue PON XX Papua Difogging untuk Cegah Malaria

Penulis: Rina Ayu Panca Rini
Editor: Hasanudin Aco
AA

Text Sizes

Medium

Large

Larger

Ilustrasi fogging.

Laporan Wartawan Tribunnews.com, Rina Ayu

TRIBUNNEWS.COM, JAKARTA - Menteri Kesehatan (Menkes) Budi Gunadi Sadikin memastikan area penyelenggaraan Pekan Olahraga Nasional (PON) XX di Papua dilakukan pengasapan atau fogging untuk mencegah penyakit Malaria.

Pihaknya bekerjasama dengan Dinas Kesehatan setempat rutin melakukan fogging ke seluruh venue serta tempat tinggal atlet.

"Dalam dua minggu terakhir ini Kemenkes bekerjasama dengan dinkes Papua sudah melakukan fogging ke seluruh venue tempat pertandingan PON dan juga tempat tinggalnya atlet untuk memastikan bersih dari vektor nyamuk-nyamuk yang bisa menularkan Malaria," ungkap Budi dalam konferensi pera virtual persiapan PON XX, Senin (27/9/2021).

Baca juga: Bamsoet: Stadion Renang Aquatic Papua Terbaik di Indonesia, Siap dan Aman Menggelar PON XX 2021

Selain mencegah ancaman Malaria, pihaknya juga menggencarkan pencegahan Covid-19 dengan mempercepat vaksinasi Covid-19 di lima kota penyelenggaraan yakni Merauke, Jayapura, Mimika Kabupaten Jayapura maupun Kabupaten Keerom.

"Kita sedang mengejar agar Kabupaten Jayapura dan Keerom bisa segera meningkat mencapai 60 persen vaksinasi, bersama dgn TNI dan Polri," sambung Budi.

Kemenkes juga telah bekerja sama dengan Satgas Covid-19, Dinas Kesehatan setempat serta panitia penyelenggara PON untuk penggunaan aplikasi PeduliLindungi ataupun alat skrining lain selama kegiatan berlangsung.

"Ini untuk memastikan agar penonton yang masuk dibatasi 25 persen adalah penonton yang secara kesehatan aman dan tidak menularkan atau membuat klaster baru di acara PON ini," imbuhnya mantan dirut Bank Mandiri ini.

Dapatkan Berita Pilihan
di WhatsApp Anda

Berita Populer

Berita Terkini