News

Bisnis

Super Skor

Sport

Seleb

Lifestyle

Travel

Lifestyle

Tribunners

Video

Tribunners

Kilas Kementerian

Images

Video Aksi Paspampres Lumpuhkan 15 Drone Saat Presiden Jokowi Buka PON Papua, Gimana Cara Kerjanya?

Editor: Wahyu Aji
AA

Text Sizes

Medium

Large

Larger

Pelatihan penggunaan Static Anti Drone dan Mobile Drone Jammer Kementerian Pertahanan.

TRIBUNNEWS.COM, JAKARTA - Sebuah video seorang personel Pasukan Pengamanan Presiden (Paspampers) yang dilengkapi dengan senjata pelumpuh drone dalam acara pembukaan PON XX Papua, viral di media sosial. 

Sebuah akun memposting foto seorang laki-laki membawa alat berwarna hitam dan mengamati langit-langit di sekitar lokasi pembukaan acara PON XX Papua.

Akun tersebut menyebutkan bahwa Paspampers tengah melumpuhkan drone liar di sekitar lokasi keberadaan Presiden Joko Widodo.

Melansir Peraturan Menteri Perhubungan Nomor 37 Tahun 2021 dan Peraturan Pemerintah Nomor 4 Tahun 2018, penghentian pengoperasian dalam bentuk menjatuhkan pada area yang aman, termasuk dalam pengenaan sanksi.

Salah satunya karena drone tidak disetujui atau beroperasi tidak sesuai persetujuan yang diberikan.

Apa itu alat pelumpuh drone dan bagaimana cara kerjanya?

1. Drone gun tactical jammer

Ada beberapa jenis pelumpuh drone, salah satunya yang paling populer yaitu drone gun tactical jammer, yang mengadopsi model man portable.

Jenis tersebut menyerang jalur komunikasi dan kendali drone lewat frekuensi.

Untuk menggunakannya relatif mudah dan tidak butuh pelatihan khusus, cukup membidik dan mengunci sasaran drone, kemudian gunner dapat menggiring drone hingga ke permukaan dan selanjutnya dapat diinvestigasi.

Perlu diketahui, tidak semua drone bisa langsung ditaklukan dengan perangkat tersebut, karena semakin besar drone maka power dan frekuensi yang dibutuhkan untuk melakukan jamming harus lebih besar.

Dikutip dari The Drive, pasukan keamanan Belgia pernah memakai kombinasi senjata antidrone saat pertemuan Presiden AS Joe Biden dan Raja Philippe Belgia pada 14 Juni lalu.

Ada dua jenis sistem anti-drone berbeda yang dibawa oleh anggota Polisi Federal Belgia saat itu.

Sistem anti-drone itu menembakkan proyektil jaring ke drone.

Halaman
123
Dapatkan Berita Pilihan
di WhatsApp Anda

Berita Populer

Berita Terkini