News

Bisnis

Super Skor

Sport

Seleb

Lifestyle

Travel

Lifestyle

Tribunners

Video

Tribunners

Kilas Kementerian

Images

OTT KPK di Musi Banyuasin

Terungkap, Sehari Sebelum Ditangkap KPK Dodi Reza Izin pada Gubernur Sumsel Hendak ke Norwegia

Editor: Dewi Agustina
AA

Text Sizes

Medium

Large

Larger

Bupati Musi Banyuasin (Muba) Dodi Reza Alex Noerdin bersama tiga orang lainnya yaitu Kadis PUPR Muba Herman Mayori, Kabid SDA / PPK Dinas PUPR Muba Eddi Umari dan Direktur PT Selaras Simpati Nusantara Suhandy, ditahan usai menjalani pemeriksaan, di Gedung KPK Merah Putih, Jakarta, Sabtu (16/10/2021), pasca terjerat OTT di Kabupaten Muba dan Jakarta pada Jumat (15/10/2021), malam. Dalam OTT tersebut selain menetapkan 4 orang sebagai tersangka KPK juga mengamankan uang dengan total Rp1,77 Milyar yang diduga fee atas pelaksanaan 4 paket pengerjaan proyek pada Bidang Sumber Daya Air Dinas PUPR Kabupaten Muba. TRIBUNNEWS/HERUDIN

TRIBUNNEWS.COM, PALEMBANG - Gubernur Sumatera Selatan H Herman Deru mengungkapkan sehari sebelum ada penangkapan Bupati Musi Banyuasin Dodi Reza Alex Noerdin, Dodi sempat meminta izin padanya untuk berangkat ke Negara Norwegia.

"Saya sempat berkomunikasi sama beliau (Dodi Reza Alex Noerdin) satu hari sebelum ada kabarnya penangkapan itu. Dia mau izin ke Negara Norwegia," ujar Herman Deru saat rapat terbuka di hadapan Forkopimda dan awak media di Griya Agung Palembang, Minggu (15/10/2021).

Herman Deru mengatakan untuk tetap mengedepankan azas praduga tak bersalah, dalam melihat kasus yang terjadi pada Dodi Reza Alex Noerdin.

"Kita harus tetap mengedepankan azas praduga tak bersalah dalam hal ini. Hingga nanti adanya keputusan yang inkrach," ujarnya.

Gubernur Sumatera Selatan Herman Deru melantik Wakil Bupati Musi Banyuasin Beni Hernedi sebagai Plt Bupati Musi Banyuasin pada Minggu (17/10/2021) malam.

Gubernur Sumsel juga sudah memberikan SK pelantikan Plt Bupati Musi Banyuasin i

Pelantikan Beni Hernedi sebagai Plt Bupati Musi Banyuasin ini pasca Bupati Musi Banyuasin Dodi Reza Alex Noerdin ditangkap oleh KPK terkait perkara dugaan korupsi di Jakarta pada Jumat (15/10/2021) malam.

Plt Bupati Musi Banyuasin, Beni Hernedi mengatakan jika dirinya memang pernah mendengar jika Dodi Reza Alex Noerdin akan berangkat ke Norwegia.

"Keberangkatan pak Bupati itu, untuk mengisi acara sebagai pembicara dalam forum Internasional terkait Biofuel," ujar Beni di Griya Agung.

Wakil Bupati Musi Banyuasin itu mengaku terkejut saat mengetahui kabar penangkapan, oleh KPK pada Dodi Reza Alex Noerdin, Jumat (15/10/2021).

Sebab, saat itu dirinya sedang memancing ikan sekaligus memantau lokasi kebakaran hutan dan lahan di kawasan Selat Malaka, Taman Nasional Berbak Sembilang, tepatnya di Sungai Benu berbatasan dengan wilayah Jambi Banyuasin dan Muba.

"Saya sedikit agak terlambat mendapatkan kabar ini. Saya sedang hilang sinyal, ini juga menjadi penyesalan saya, saya juga meminta maaf atas kekeliruan saya," ujar Beni.

Komisi Pemberantasan Korupsi melakukan operasi tangkap tangan (OTT) terhadap Bupati Musi Banyuasin (Muba) Dodi Reza Alex Noerdin bersama sejumlah ASN di lingkungan Pemkab Musi Banyuasin, Jumat (15/10/2021).

Penangkapan itu dilakukan di dua lokasi yakni di Kabupaten Musi Banyuasin dan Jakarta.

Halaman
123
Dapatkan Berita Pilihan
di WhatsApp Anda

Berita Populer

Berita Terkini